Hyundai Akan Pakai Baterai Buatan Lokal?

Hyundai Akan Pakai Baterai Buatan Lokal?

Siapa yang tak tahu dengan merk Hyundai? Merk asal Korea Selatan ini semakin banyak diminati karena desainnya yang futuristik dan harganya yang bersaing di pasaran. Memang, bukan hanya Hyundai yang mengeluarkan series mobil listrik, namun baru Hyundai yang akan menggandeng baterai produksi lokal untuk mobil Ioniq 5 nya loh!

Hyundai Motor Group yang bekerja sama dengan LG Energy telah menyelesaikan pabrik sel baterai yang berlokasi di Cikarang dan Karawang. Setelah selesai pembangunan pabrik ini, rencananya pabrik ini akan segera beroperasi pada bulan April, dan koleksi mobil Hyundai EV (electric vehicle) serta Ioniq 5 akan segera menggunakan baterai rakitan lokal. Berita ini pun dibenarkan oleh Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia ā€œdipercepat dari rencana semester II tahun iniā€ 

Nah, dengan adanya pemakaian baterai buatan lokal, adanya pabrik pembuatan baterai serta perakitan baterai, tentunya membuat harga baterai mobil listrik menjadi lebih murah dari harga sebelumnya. Kata President Director of Hyundai Energy Indonesia “Di Karawang, PT Hyundai Energy Indonesia, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, itu value chain namanya, kalau tidak ada HLI, ada biaya impor, tapi baterai sel-nya Hyundai ada di Karawang dan baterai assembly di Cikarang, pasti harganya turun” 

Walaupun harganya sudah pasti turun, namun Changoug Hong belum bisa memastikan akan turun berapa persen harga baterai mobil listrik buatan Hyundai ini. Dan akan baru memberitahunya setelah pabrik di Karawang dan di Cikarang telah beroperasi. Catatan aja nih SimFriend, harga baterai mobil listrik saat ini masih cukup mahal loh, dan diperkirakan harga baterai listriknya mencapai 40-50% dari total harga mobilnya sendiri. 

Nantinya, mobil Hyundai Ioniq 5 akan menggunakan baterai lokal, Hyundai Ioniq 5 Signature long range memiliki kapasitas baterai hingga 72,6 kWh dengan output maksimum 253 kW. Spesifikasi yang sama juga berlaku untuk Ioniq 5 Prime. Sementara versi standard range baik untuk Ioniq 5 Prime maupun Signature memiliki kapasitas 58 kWh bertenaga 195 kW. 

Kira-kira SimFriend sudah berencana menabung dan membeli yang mana nih? Inget yah SimFriend! Sebelum kamu berencana untuk beli mobil, ada baiknya kamu terlebih dahulu merencanakan keuangan kamu dengan bijaksana. Dengan berinvestasi saham dan reksa dana di SimInvest, semoga bisa mempercepat langkahmu menuju financial goals kamu ya!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: