Tahun Ini Indonesia Jadi Tuan Rumah World Water Forum! Ini Kata Luhut

Tahun Ini Indonesia Jadi Tuan Rumah World Water Forum! Ini Kata Luhut

Kabar gembira kembali melenggang, karena menjadi suatu kebanggaan tersendiri saat Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dari World Water Forum yang ke-10. Forum ini tidak diadakan di Jakarta ataupun di IKN, tapi akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 18-24 Mei mendatang. Memang sih ya SimFriend, vibesnya Bali eksotis banget yaa?

Sebagai negara yang mempunyai luas laut dengan julukan negara maritim, Indonesia akan mengangkat tema “Water For Shared Prosperity”. World Water Forum adalah sebuah konferensi internasional yang diadakan setiap beberapa tahun oleh World Water Council. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi dialog dan kerjasama global dalam rangka menangani masalah air yang kompleks dan mendesak di seluruh dunia. Acara ini biasanya dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah, organisasi non-pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat sipil dari berbagai negara.

World Water Forum menyediakan platform bagi para pemangku kepentingan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik terkait manajemen air, keberlanjutan sumber daya air, sanitasi, mitigasi bencana terkait air, dan topik terkait lainnya. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk meluncurkan inisiatif baru, mengidentifikasi tantangan bersama, dan merumuskan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan pengelolaan air secara global.

Dan kemudian ini kata Menteri Luhut, World Water Forum ke-10 menjadi ajang untuk Indonesia memperkuat perannya di tingkat regional dan global untuk mitigasi isu dalam bidang air. “Terdapat empat deliverables yang ditargetkan akan dicapai yaitu:

Yang pertama pendirian Center of Excellence for Climate and Water Resilience. Kedua, penyelenggaraan World Water Forum ke-10 dapat menghasilkan pembentukan kelompok kerja untuk Integrated Water Resources Management for Small Islands. Ketiga, forum ini juga diharapkan akan terbentuk penetapan Hari Danau Sedunia. Keempat, forum ini dibidik untuk menghasilkan sejumlah proyek konkret lainnya.

 “Saat ini sudah tercatat, jumlah pendaftar melalui website resmi World Water Forum ke-10 mencapai 1.062 peserta yang terdiri dari 387 peserta nasional dan 675 peserta internasional dari 88 negara,” ujar Luhut. Wah kita sebagai warga negara Indonesia harus berbangga ya, tapi berbangga aja gak cukup loh SimFriend! Kita juga harus berinvestasi pada alam, dengan tetap menjaga kelestariannya. Tapi kalau urusan investasi saham dan reksadana, di SimInvest dong pastinya!

Ikuti kami: