Cara Jitu Mendapatkan Keuntungan Dividen

Cara Jitu Mendapatkan Keuntungan Dividen

Investor yang membeli saham akan memperoleh keuntungan dari Capital Gain dan Dividen. Berinvestasilah pada saham yang membukukan keuntungan dan rajin membagikan dividen setiap tahunnya.

Poin Penting!

  • Tips Jitu Agar Memperoleh Dividen
  • Dividen Yield
  • Dividen terus bertumbuh sejalan dengan prospek perusahaan

Pengertian Dividen
Dividen adalah keuntungan yang dibagikan oleh Perusahaan kepada para Pemegang Sahamnya (Investor). Dividen dibayarkan kepada pemegang saham per tahun, sama halnya dengan pembayaran bunga deposito. Hanya yang membedakan adalah besaran nilai yang dibayarkan. 

ā€œBunga deposito nilainya tetap setiap tahunnya, sedangkan Dividen nilainya terus bertumbuh sejalan dengan semakin besarnya bisnis dari perusahaan tersebutā€

Bagi kamu para hunter dividen alangkah baiknya jika kamu sudah kenalan sama indeks ini yakni High dividen 20. Cara gampang beli saham yang bisa memberikan keuntungan dividen, dengan berinvestasi di salah satu saham pada indeks tersebut.

Daftar emiten yang sering membagikan Dividen

Data per tahun 2022

Sebagai investor tentunya kamu akan memilih dividen yield yang paling menarik, hal ini dikarenakan dividen yield adalah rasio yang mencerminkan persentase keuntungan yang dapat kamu peroleh.

Diatas adalah Saham Bank BRI, dengan Annual Dividen Yield sebesar 4.72%.

Tips cara menghitung Dividen
Ini dia tiga rasio penting dalam perhitungan dividen:

  • Dividen Payout Ratio
    dividen Payout Ratio (DPR) adalah hasil perbandingan antara dividen tunai per lembar saham dengan laba per lembar saham.

    Ratio ini memberikan informasi seberapa banyak perusahaan mau membagikan keuntungan yang diperolehnya dalam setahun kepada para pemegang sahamnya. Jika DPR yang dibagikan 100%, artinya seluruh laba bersih yang dihasilkan selama setahun penuh akan dibagikan seluruhnya ke pemegang saham.

    Contoh: PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam RUPS nya memutuskan untuk membagikan 100% dari laba bersih perseroan untuk buku tahun 2021 seluruhnya sebagai dividen. Artinya, nilai pembagian dividen PTBA mencapai Rp7,91 triliun, angka ini adalah yang diambil dari perolehan laba bersih milih PTBA untuk tahun buku 2021.

    ā€œJadi, seandainya saat itu kamu memiliki saham PTBA di tanggal CUM DATE, senilai 0,001% maka dividen yang akan kamu peroleh adalah 0,001% dari nilai dividen yang dibagikan Rp 7,91 triliun atau sebesar Rp 79,1 jutaā€
  • Dividen per Share
    dividen Per Share (DPS) adalah pembagian laba perusahaan kepada para pemegang saham yang besarnya sebanding dengan jumlah lembar saham yang dimiliki. dividen Per Share (DPS) merupakan total semua dividen tunai yang dibagikan dibandingkan dengan jumlah saham yang beredar

    ā€œMasih dengan contoh yang sama, PTBA membagikan dividen  senilai Rp 7,91 triliun, dan saat itu PTBA memiliki 11,52 miliar jumlah saham beredar. Ini berarti jumlah dividen per saham yang dibagikan adalah Rp 686,52 per saham.ā€
  • Dividen Yield
    Dividen yield adalah tingkat keuntungan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Sehingga, ini mengukur persentase keuntungan kamu atas dividen yang kamu peroleh. Kamu juga bisa mengimbang-imbang untuk mengbandingkan setiap emiten yang membagikan dividen.



    ā€œHarga PTBA senilai Rp 3.880/lembar maka yield yang diperoleh sebesar 17.75%.ā€

    Formulanya adalah dividen per share dibanding harga saham.

Insight Hari ini:

Ikuti kami: