Kamus Urban Keuangan

Kamus Urban Keuangan

Poin Penting!

  • Jika kamu bingung dengan istilah-istilah di pasar modal, berikut adalah kamus yang bisa jadi acuan kamu
  1. Saham: adalah Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan.
  2. obligasi: Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan
  3. reksadana: adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.
  4. reksadana pasar uang: adalah sebuah jenis reksadana yang seluruh (100%) alokasi dananya ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI).
  5. reksadana pendapatan tetap:dana yang diinvestasikan minimum 80% dari nilai aktiva bersih yang berupa surat utang atau obligasi, dan sisanya merupakan investasi yang ditanamkan pada pasar uang.
  6. reksadana campuran:adalah sebuah jenis reksadana yang alokasi dana investasinya ditempatkan di berbagai instrumen saham, obligasi, atau pasar uang.
  7. reksadana saham:adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas atau saham.
  8. analisa teknikal: adalah suatu teknik analisis yang dikenal dalam dunia keuangan yang digunakan untuk memprediksi tren suatu harga saham dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume.
  9. analisa fundamental:adalah metode analisis perusahaan yang didasarkan pada faktor-faktor fundamental ekonomi suatu perusahaan termasuk sisi kinerja keuangan dan bisnis perusahaan.
  10. analisa keuangan:adalah upaya yang dilakukan untuk mengevaluasi kelangsungan bisnis, sub-bisnis, stabilitas hingga profitabilitas perusahaan.
  11. Rasio keuangan atau rasio finansial: adalah alat analisis keuangan perusahaan untuk menilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan perbandingan data keuangan yang terdapat pada pos laporan keuangan.
  12. Valuasi saham:adalah teknik untuk menentukan nilai wajar atau nilai intrinsik dari sebuah investasi.
  13. harga wajar saham: adalah harga yang berada pada titik tertentu yang dianggap sebanding dengan fundamental perusahaan.
  14. Metode Discounted Cash Flow (DCF) adalah:metode valuasi saham yang menggunakan konsep Time Value of Money. Metode ini memperhitungkan seluruh arus uang yang mengalir di perusahaan, yaitu dividen dan laba perusahaan.
  15. overvalued: adalah kondisi harga saham yang di pasar dinilai terlalu mahal karena harga di pasar lebih besar dibandingkan dari nilai intrinsiknya
  16. undervalued: adalah kondisi harga saham yang di pasar dinilai terlalu murah karena harga di pasar terlalu rendah dibandingkan dari nilai intrinsiknya
  17. Profit taking adalah: aksi ambil untung yang dilakukan oleh investor karena terjadi kenaikan harga saham dalam periode yang cepat yang biasanya disebabkan oleh sentimen tertentu.
  18. cut loss: adalah istilah yang digunakan ketika investor menjual saham di harga yang lebih rendah dari harga belinya.
  19. Capital gain: adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli saham.
  20. dividen adalah: laba atau imbal hasil yang berhasil dicetak oleh perusahaan yang kemudian dibagikan kepada investor pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
  21. Listing: adalah pencatatan atau pencantuman suatu Efek dalam daftar Efek yang tercatat di Bursa dan dapat diperjualbelikan.
  22. IPO (initial public offering): adalah penawaran umum perdana saham yang dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam Undang-Undang dan peraturan pelaksanaan.
  23. delisting: adalah saham yang sebelumnya diperdagangkan di BEI akan dihapus dari daftar perusahaan publik, sehingga sahamnya tidak dapat diperjual belikan secara bebas di pasar modal.
  24. Ekspansi bisnis: adalah aktivitas memperbesar atau memperluas bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperluas fasilitas, menambah sumber daya manusia dan lain sebagainya.
  25. go-private: adalah aksi korporasi di mana sebuah perusahaan terbuka (go-public) berubah menjadi perusahaan tertutup.
  26. Divestasi: adalah sebuah aktivitas untuk pengurangan dari sebuah aset yang dimiliki baik secara finansial maupun di dalam bentuk barang.
  27. right issue: adalah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau disingkat HMETD dalam pasar modal Indonesia adalah hak yang diperoleh para pemegang saham yang namanya telah terdaftar dalam daftar pemegang saham suatu perseroan.
  28. Stock split: adalah dalam pengertian yang sederhana artinya adalah pemecahan nilai saham.
  29. Reverse stock: adalah proses penggabungan sejumlah saham menjadi kesatuan yang lebih kecil.
  30. Merger: adalah suatu proses penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan saja, dimana perusahaan tersebut mengambil dengan cara menyatukan saham berupa aset dan non aset perusahaan yang di merger.
  31. Akuisisi: adalah pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset.
  32. Tender offer: adalah suatu penawaran pembelian saham oleh pihak tertentu kepada pemegang saham suatu perusahaan.
  33. Panic Selling: adalah penjualan skala besar dari investasi yang menyebabkan penurunan tajam dalam harga.
  34. Panic Buying  adalah tindakan membeli barang dalam jumlah besar untuk mengantisipasi suatu bencana, setelah bencana terjadi, atau untuk mengantisipasi kenaikan maupun penurunan harga
  35. Bargain hunter: adalah pemburu saham murah.
  36. wait and see: adalah Secara sederhana kedua istilah ini merupakan keputusan untuk menunggu, mengamati, dan menganalisa saham.
  37. Efek Januari:  adalah hipotesis bahwa ada anomali musiman di pasar keuangan di mana harga efek meningkat pada bulan Januari lebih dari bulan-bulan lainnya.
  38. Istilah Sell in may and go away: mengacu pada suatu strategi investasi yang menyarankan bagi investor untuk menghindari saham pada bulan Meiā€“Oktober dan kembali masuk pada saham pada periode November ā€“ April tahun berikutnya
  39. window dressing: adalah strategi dari manajer investasi untuk meningkatkan performa portfolio sebelum disajikan atau dilaporkan kepada pemegang saham yang menjadi kliennya.
  40. Kapitalisasi pasar (Market Capitalization): adalah sebuah istilah bisnis yang menunjuk ke harga keseluruhan dari sebuah saham perusahaan yaitu sebuah harga yang harus dibayar seseorang untuk membeli seluruh perusahaan

Insight Hari ini:

Ikuti kami: