ASEAN Dan Inggris Sepakat Bekerja Sama Jalankan Program Ekonomi, Nilainya Fantastis!

ASEAN Dan Inggris Sepakat Bekerja Sama Jalankan Program Ekonomi, Nilainya Fantastis!

Kerjasama antara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) dan Inggris dalam bidang ekonomi bisa menjadi hal yang menarik loh SimFriend. Inggris memiliki sejarah hubungan perdagangan yang panjang dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, dan keanggotaannya di ASEAN sejak tahun 2021 lalu dapat memperkuat kerjasama tersebut. Nah, kali ini misi Inggris untuk ASEAN adalah resmi meluncurkan Program Integrasi Ekonomi ASEAN-Inggris (EIP) pada Rabu (25/4/2024), dan yang lebih mengesankan lagi adalah program ini bernilai hingga 25 juta poundsterling atau sekitar Rp 505 miliar. Inisiatif hasil dari empat tahun ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh kawasan ASEAN, serta mengatasi hambatan pembangunan di negara-negara dan Komunitas Ekonomi ASEAN.

Potensi kerjasama tersebut bisa mencakup berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, inovasi, dan teknologi. Salah satu fokus utama dapat menjadi peningkatan perdagangan barang dan jasa antara Inggris dan negara-negara ASEAN. Selain itu, kerjasama dalam mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang berkembang, seperti teknologi digital, energi terbarukan, dan infrastruktur, juga bisa menjadi bagian dari agenda kerjasama ini.

Kerjasama antara ASEAN dan Inggris juga dapat membuka peluang bagi pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam hal regulasi ekonomi, pembangunan kapasitas, dan kerjasama dalam mengatasi tantangan bersama, seperti perubahan iklim dan pandemi. Selain itu, program ini akan mengeksplorasi potensi digitalisasi yang belum dimanfaatkan sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi di seluruh kawasan ASEAN dan fokus untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perkembangan kerjasama ekonomi antara ASEAN dan Inggris, SimFriend bisa mengikuti perkembangan berita terkini dengan mengunjungi situs web resmi ASEAN dan pemerintah Inggris. Tapi kalau informasi seputar investasi saham dan reksa dana tentunya bisa pantau terus SimInvet kamu yah SimFriend! Wah, kira-kira nantinya di bidang investasi ada sesuatu yang baru gak yah karena berjalannya kerjasama ini? Bagaimana tanggapan kamu nih SimFriend?

Ikuti kami: