Mega Proyek Kereta Cepat Di IKN Ini Tembus Sampai 3 Negara

Mega Proyek Kereta Cepat Di IKN Ini Tembus Sampai 3 Negara

Seperti yang kita ketahui, kalau ibu kota yang berada di Jakarta, akan berpindah ke IKN (Ibu Kota Nusantara) yang berada di Sepaku, Kalimantan Timur. IKN sendiri nantinya akan dibangun beberapa fasilitas untuk warganya.

Lalu ada suitan tentang mega proyek kereta cepat di IKN yang kabarnya akan tembus sampai ke 3 negara loh! Bukan satu ataupun dua, namun tiga sekaligus. Yap benar, Borneo menjadi rumah bagi tiga negara sekaligus yaitu Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia. Nantinya, perusahaan yang menggarap proyek ini adalah Brunergy Utama Sdn Bhd. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Brunei Darussalam dan berfokus pada pembangunan proyek infrastruktur utama untuk mendorong pertumbuhan yang ada di Kalimantan.

TBR (Trans Borneo Railway) menyebutkan kalau proyek ini akan dibangun dalam dua tahap dan rute yang dibangun sepanjang 1.620 kilometer dengan rata-rata rute antar stasiun sejauh 150 km. Kereta akan menempuh kecepatan dengan 300 hingga 350 km per jam dan setiap perjalanan memakan waktu rata-rata 30 menit! Menurut Brunergy dalam keterangannya “Pembangunan tahap pertama akan menghubungkan kekuatan ekonomi di kota-kota pesisir barat hingga timur, dimulai di Pontianak, Kalimantan Barat dan berakhir di Kota Kinabalu, Sabah” 

Namun kira-kira berapa ya biaya pembangunan ini yang harus dikeluarkan? Pastinya akan lebih dari 217 triliun ya SimFriend. Dalam proposal tersebut jumlah investasi disebutkan sebesar US$ 70 billion atau RM 330 billion. Jika dirupiahkan sekitar Rp 1.114 triliun (kurs Rp 15.925/US$).

Namun menurut Risal Wasal, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan “Itu usulan ya, sama aja kita punya ide nih dilontarkan baru sampai situ. Operator dari Brunei dan Malaysia ingin bikin kereta cepat. Koordinasi antara Indonesia, Brunei, Malaysia belum ada, omongan mereka baru melontarkan aja”

Walaupun ini masih usulan, mega proyek ini semoga terlaksana dengan baik ya. Karena untuk menunjang transportasi antar tiga negara merupakan investasi yang berdampak positif untuk kemajuan IKN loh SimFriend. Nah, kira-kira apa saja ya saham-saham yang mendapat pengaruh positif jika mega proyek ini berjalan? Jangan lupa untuk pantau terus SimInvest ya!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: