Lampu Hijau Pemerintah Untuk Starlink, TLKM Aman?

Lampu Hijau Pemerintah Untuk Starlink, TLKM Aman?

Salah satu orang terkaya di Dunia, Elon Musk, sekaligus pemilik dari Starlink, saat ini sudah sukses mengantongi izin dari pemerintah Indonesia untuk beroperasi. Dan kabarnya akan uji coba di IKN nanti loh SimFriend. Disampaikan oleh Menkominfo, Starlink sendiri mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan ISP (Internet Service Provider). 

Starlink telah mulai memasarkan layanannya kepada masyarakat Indonesia. Ini diketahui dari website yang menggunakan bahasa Indonesia. Starlink telah membuka pendaftaran bagi konsumen yang mau berlangganan. Dalam hal ini adalah berlangganan internet. Nantinya Starlink ini akan menggunakan skema B2C, sehingga konsumen bisa langsung berlangganan internet di Starlink melalui websitenya.

Nah, sekarang kita intip harganya yuk! Untuk harga berlangganan paket internet Starlink adalah sebesar Rp 750.000 per bulan. Paketnya juga sudah termasuk kuota unlimited dengan fitur disebut sebagai internet berkecepatan tinggi dan latency rendah tanpa batas. Tapi memang sih belum ada informasi kecepatan untuk download/upload Starlink Indonesia.

Namun, bagaimanakah dengan perusahaan Telkom (TLKM)? Telkom pun optimis jika Starlink milik Elon Musk masuk ke Indonesia akan berdampak dengan pertumbuhan pelanggannya. Menurut Andri Herawan Sasoko selaku VP Corporate Communication Telkom berpendapat kalau dengan masuknya Starlink ke Indonesia akan memicu kenaikan konsumen Telkom Group, lanjut lagi, Andri juga menjelaskan kalau Telkom Group melalui Telkomsat telah bekerja sama dengan Starlink dengan bentuk kerjasamanya adalah B2B. 

Telkom juga berharap dengan kerjasamanya antara Starlink dengan telkom (TLKM)  di pasar Indonesia berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif antara perusahaan ini. “Apapun kebijakan Kemenkominfo, kita harus comply. Tapi secara bisnis kita optimis. Secara bisnis dengan kerjasama ini kita tetap optimis” tambah Andri.

Setelah berita ini keluar antara kerja sama Starlink dan Telkom (TLKM), kira-kira bagaimana nasib sahamnya yah? Apakah akan to the moon? Yuk jangan lupa untuk pantau saham favorit kamu di SimInvest yah!

Ikuti kami: