Tidak Hanya Di Handphone, Provider Ini Juga Pakai AI Loh!

Tidak Hanya Di Handphone, Provider Ini Juga Pakai AI Loh!

Teknologi semakin maju dan semakin berkembang. Banyak sektor yang juga mengembangkan produknya untuk direalisasikan bersamaan dengan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Walaupun sama-sama buatan manusia, namun banyak yang berpendapat kalau AI dapat membuat kita lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya, AI tidak dapat melibatkan emosi dalam pekerjaannya. Yep, sesempurna apapun buatan manusia, saat ini yang namanya emosi dan perasaan tidak bisa dibuat yaa SimFriend?

AI juga dapat memangkas waktu dan cost pekerjaan yang semula dikerjakan oleh manusia. Karena AI juga gak perlu yang namanya asuransi nih! Nah, perusahaan raksasa sektor telekomunikasi seperti EXCL, TLKM dan ISAT sekarang sedang “balapan” dalam mengadopsi AI ke dalam produknya. (ISAT), PT Indosat Ooredo Hutchinson Tbk. menjadi emiten yang paling ambisius dalam menggunakan AI hingga  menggandeng pemain utama dalam bidang AI yaitu Huawei dan Nvidia, hingga menyiapkan capex Rp12,7 triliun. Dengan ini ISAT pun dapat menjangkau jaringannya sampai ke Maluku dan Papua. 

Sedangkan, kompetitornya yaitu EXCL juga menggandeng Huawei untuk kerjasama strategis dan berbasis pada AI untuk fokus pada bagian bisnis digitalnya. Menurut Presiden Direktur dan CEO dari EXCL, Dian Siswarini dan Huawei Account Director Weiwei, mereka telah menandatangani perjanjian kerjasama ini pada saat Mobile World Congress 2023 di Barcelona kemarin. Ia berpendapat bahwa kolaborasi untuk memanfaatkan teknologi AI ini bertujuan meningkatkan dan mengoptimalkan bisnis digital dan juga sistem cloud serta perangkat lunak yang lebih efektif.

Terakhir yang ga kalah seru adalah dari TLKM! Telkom pun juga mengumumkan telah menggandeng Google Cloud untuk mengembangkan Generative AI nya (Gen AI) pada tingkat enterprise ke dalam operasional penawaran produk inti kepada bisnis dan juga konsumen. Melalui penandatanganan kerjasama pada Selasa (27/7) yang juga dihadirkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika yaitu Budi Arie Setiadi, kolaborasi ini bertujuan memperluas pemanfaatan advertising tools yang didukung oleh AI dari google oleh Telkomsel dengan tujuan meningkatkan kepuasan secara keseluruhan dan mendorong performa perusahaan. 

Kalau SimFriend sendiri sudah cek saham dari ISAT, EXCL dan TLKM belum? Siapa tau nih saham-saham tersebut bisa jadi salah satu pilihan investasi kamu! Inget yaa diversifikasi juga penting loh dalam kamu berinvestasi! Yuk terus berinvestasi dan cek terus saham favorit kamu di SimInvest ya!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: