Pantau Saham (TLKM) Telkom! Naik Menjelang RUPS Pembagian Dividen

Pantau Saham (TLKM) Telkom! Naik Menjelang RUPS Pembagian Dividen

Halo SimFriend, salah satu emiten favorit kamu sedang naik nih harganya. Menjelang RUPS pembagian dividen, Telkom (TLKM) melesat pada perdagangan Jumat, 3 May 2024. Siapa yang sangka kalau emiten plat merah ini sempat menyentuh level tertingginya pada tahun ini sampai ke Rp4.240 per lembar saham. 

Seperti yang investor ketahui, telkom adalah salah satu emiten yang rajin membagikan dividen jumbo, nah pada RUPS ini, Adapun nilai terkecil dividen Telkom dalam 10 tahun terakhir adalah sebesar Rp 89,46 per saham atau sejumlah Rp8,78 triliun, yang dibagikan pada 2014. Sementara itu, rasio pembayaran dividen terbesar Telkom diberikan pada 2018, dengan rasio pembayaran atau dividend payout ratio sebesar 90%. Sementara pada RUPS 2023, Telkom membagikan dividen payout ratio sebesar 80% ke pemegang sahamnya, dengan nilai Rp 167,59 per saham. Total Telkom membayarkan dividen dengan total Rp16,6 triliun pada tahun lalu. Nilai dividen itu sama dengan 2020. Dividen perseroan mengalami pertumbuhan sebesar 11,7% dari tahun sebelumnya.

RUPS merupakan momentum penting bagi perusahaan untuk mengumumkan rencana bisnis, kebijakan dividen, dan strategi masa depan. Investor seringkali menantikan pengumuman-pengumuman penting ini, yang dapat mempengaruhi harga saham. Jika para investor memiliki ekspektasi positif terhadap kebijakan dan strategi yang akan diumumkan dalam RUPS Telkom, mereka cenderung untuk membeli saham Telkom, yang pada gilirannya dapat mendorong kenaikan harga saham.

Selain faktor internal perusahaan, kenaikan harga saham Telkom juga dapat dipengaruhi oleh sentimen pasar secara keseluruhan dan analisis teknikal. Jika pasar saham sedang dalam tren positif atau jika ada sinyal teknikal yang menunjukkan potensi kenaikan harga, investor mungkin lebih condong untuk membeli saham Telkom.

Investor juga dapat mempertimbangkan prospek pertumbuhan bisnis Telkom dalam jangka panjang. Jika perusahaan memiliki rencana ekspansi atau pengembangan produk dan layanan yang menarik, hal ini dapat meningkatkan minat investor terhadap saham Telkom dan menyebabkan kenaikan harga.

Maka dari itu, untuk berita korporasi lainnya, SimFriend bisa memantau SimInvest terus yah! Disini siapa yang gak sabar untuk menunggu dividennya? Happy Cuan yah SimFriend!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: