Reksa Dana Saham

Key Takeaways:

  1. Reksa Dana Saham cocok untuk investor yang memiliki risiko profile agresif karena reksa dana ini memiliki risiko yang tinggi dengan potensi return yang lebih tinggi juga
  2. Beberapa produk Reksa Dana Saham di SimInvest bebas redemption fee dengan minimum nilai subscription sebesar Rp 10 Ribu

Apa Itu Reksa Dana Saham?

Jenis reksa dana yang sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada efek saham. Biasanya dana investasi dialokasikan minimal 80% di saham, maksimal 20% surat utang, dan/atau maksimal 20% pasar uang. Karena alokasi dana ke saham lebih besar dari instrumen lainnya, maka reksa dana saham ini relatif lebih berisiko daripada jenis reksa dana lainnya.

Reksa dana saham ini memiliki fluktuasi tinggi, artinya bisa naik dan turun dalam jangka waktu yang cepat. Akan tetapi, dalam jangka waktu panjang, reksa dana jenis ini berpotensi tumbuh lebih tinggi dibandingkan jenis produk lainnya.

Tujuan investasi reksa dana saham adalah untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Risikonya relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap, tetapi memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi (high risk high return).

Reksa Dana Saham cocok untuk investor yang memiliki profil risiko tinggi karena mereka sangat siap untung dan juga siap untuk rugi.

Keuntungan Reksa Dana Saham

  1. Tingkat imbal hasil paling tinggi dibandingkan jenis reksa dana lain 
  2. Minimum subscription Reksa Dana Saham di SimInvest adalah Rp 10 Ribu
  3. Beberapa produk reksa dana saham di SimInvest dapat ditarik kapanpun tanpa ada redemption fee (biaya penjualan)
  4. Imbal hasil reksa dana bebas pajak, tidak seperti bunga deposito yang kena pajak PPh sebesar 20%
  5. Semua produk Reksa Dana Saham di SimInvest, diawasi oleh OJK

Contoh Reksa Dana Saham: Simas Danamas Saham

Dana dari Reksa Dana Simas Danamas Saham dikelola oleh Manajer Investasi dari Sinarmas Asset Management dengan alokasi dana sebesar 96.5% pada efek ekuitas. Investasi dana terbesar terletak pada:

  1. Astra Otoparts
  2. Bank Central Asia
  3. Bank Mandiri
  4. Bank Negara Indonesia
  5. Bank Rakyat Indonesia
  6. Indofood Cbp Sukses Makmur
  7. Indosat
  8. Mitra Adiperkasa
  9. Shield On Service 
  10. Siloam International Hospital

data per 22 nov 2023

Ketika saham yang dibeli oleh Simas Danamas Saham mengalami kenaikan harga, maka NAB (harga) reksa dana juga akan mengalami kenaikan, begitu pula ketika harga saham yang dibeli Manajer Investasi tersebut cenderung turun, NAB reksa dana juga akan cenderung turun.

NAB reksa dana saham juga akan mengalami kenaikan ketika Manajer Investasi reksa dana menerima pembayaran dividen dari saham yang dibeli oleh Manajer Investasi reksa dana.

Insight Hari ini:

Ikuti kami: