Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya Indonesia, Simak Jajaran Emiten Miliknya

Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya Indonesia, Simak Jajaran Emiten Miliknya

Taipan Prajogo Pangestu baru saja dinobatkan menjadi orang terkaya di Indonesia. Peningkatan kekayaan ini dampak dari catatan kinerja saham berbagai perusahaan yang Ia miliki akhir-akhir ini. Mengutip data Forbes per 15 November, Prajogo telah menggeser Low Tuck Kwong, hingga Robert Budi Hartono dan Michael Hartono (Duo Hartono).

Berdasarkan laporan Forbes Real Time Billionaires, Kekayaan Prajogo kini berada di kisaran US$ 38,2 miliar atau setara Rp599,5 triliun. Dengan angka tersebut, Ia berhasil menduduki peringkat 1 daftar orang kaya di RI sekaligus orang paling kaya ke-32 di dunia. Nah, apa aja sih emiten-emiten milik Prajogo Pangestu orang terkaya di Indonesia ini? Yuk simak di bawah ini!

  1. PT Barito Pacific Timber (BRPT) 

PT. Barito Pacific Tbk (BRPT) bergerak dalam bisnis kehutanan, perkebunan, pertambangan, industri, properti, perdagangan, energi terbarukan dan transportasi. Perusahaan dimiliki oleh sekelompok perusahaan yang dimiliki oleh Barito Pacific. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1983. Pada tahun 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

  1. PT Chandra Asri Petrochemical (TPIA) 

PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) adalah pemasok produk petrokimia ke berbagai industri manufaktur Indonesia. Perusahaan memproduksi produk dan resin termasuk Monomer, Polyethylene, dan Polypropylene. 

  1. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) 

PT Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) adalah perusahaan induk yang bergerak di sektor pertambangan mineral dan energi, dan didirikan di Jakarta pada tahun 2008. Melalui anak-anak usahanya, perusahaan ini memiliki dua konsesi pertambangan batubara di Kalimantan, serta berencana untuk mengembangkan usahanya ke konsesi pertambangan emas di Nusa Tenggara Barat.

  1. PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) 

BREN merupakan anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang bergerak di bidang energi terbarukan. Emiten ini adalah salah satu perusahaan yang telah mendapatkan keuntungan dari penjualan kredit karbon. BREN menjalankan usaha di bidang energi hijau baik eksplorasi dan pemanfaatan panas bumi lewat salah satu anak usahanya, yakni Star Energy Geothermal Ltd. Star Energy memiliki tiga pembangkit panas bumi, yakni Wayang Windu (Bandung), Salak (Bogor), dan Darajat (Garut). Secara total, kapasitas terpasang pada ketiga wilayah operasi tersebut mencapai 886 megawatt, salah satu yang terbesar di dunia.

Dari saham-saham diatas, kira-kira mana nih yang SimFriend koleksi? Berinvestasi pada saham yang tepat memang akan membawa untung buat siapapun. Makanya kita harus cermat dalam melihat peluang dan membuat keputusan. Siapa tau dengan berinvestasi pada saham yang tepat, kamu bisa masuk peringkat orang terkaya di dunia loh!

Buat kalian yang mau berinvestasi, yuk mulai investasi saham dan reksa dana kamu di SimInvest, karena dengan Rp 10 Ribu saja kita sudah bisa mulai berinvestasi loh! Yuk mulai investasimu sekarang!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: