Seminggu Dua Kali Di Suspend, Ini Dia Sahamnya

Seminggu Dua Kali Di Suspend, Ini Dia Sahamnya

Hayo SimFriend, siapa nih yang tau saham yang udah beberapa kali Auto Reject Atas (ARA) ini? Yup! Bener banget, saham dari konglomerat Prajogo Pangestu ini di suspend dua kali dalam seminggu. Saham BREN yang belum lama IPO ini di suspend oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan 10 November 2023. Sedangkan saham CUAN pada perdagangan 9 November kemarin. 

Menurut BEI, penghentian sementara saham BREN dan CUAN bukan tanpa alasan. Dalam pengumumannya, BEI menuturkan suspensi ini dilakukan sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham CUAN dan BREN. “Sebagai bentuk perlindungan untuk para investor, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham CUAN dan BREN di pasar reguler dan pasar tunai mulai sesi I perdagangan tanggal 10 November 2023 sampai pengumuman Bursa lebih lanjut,” kata BEI, Jumat (10/11/2023). 

Padahal dalam beberapa waktu lalu, saham BREN menjadi salah satu saham yang berkontribusi banyak untuk mensupport IHSG menuju hijau. Penghentian saham BREN dan CUAN juga merupakan salah satu alasan BEI agak investor mengatur ulang strategi investasinya secara matang. 

Menurut bisnis.com saham BREN tercatat telah menguat 26,21% dalam satu pekan terakhir, dan telah menguat 121,40% selama sebulan terakhir. Sama seperti BREN, saham CUAN juga telah menguat 30,84% dalam seminggu terakhir, dan telah menguat 150,90% dalam sebulan terakhir.  Penguatan saham BREN dan CUAN ini telah mengantarkan Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya ke-4 di Indonesia, dengan total kekayaan senilai US$20,2 miliar. Sementara itu, PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) mampu menopang laju penguatan indeks sektoral infrastructures hingga 54,14% sejak awal tahun, di tengah penurunan indeks-indeks sektoral lainnya. 

Nah, gimana nih SimFriend? Apakah kamu sempat beli saham dari dua emiten ini? Biar gak ketinggalan berita dan informasi terkini terkait saham & reksa dana pantau terus SimInvest & SimInvestLab kamu yah! Jangan lupa juga untuk pantau fitur Market Prediction & Stock Recommendation biar kamu tau kondisi pasar terkini dan juga sebagai arahan saham apa yang kira-kira akan kamu beli. Semangat terus berinvestasi yaa SimFriend!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: