Apa Itu Reksadana?

Key Takeaways

  1. Reksa Dana adalah produk investasi yang dibeli oleh investor dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi
  2. Berdasarkan tingkat risiko dan return, reksa dana terbagi menjadi 3 jenis. Dimulai dari risiko yang paling aman dan return yang relatif paling rendah yakni Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Saham yang bersifat high risk high return
  3. Salah satu keuntungan Reksa Dana adalah diversifikasi aset secara instan dengan dana yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu. 

Pengertian Reksa Dana

Hi SimFriend, apakah kamu sudah familiar dengan produk investasi Reksa Dana? Reksa Dana dapat diibaratkan seperti paket internet. Ketika kamu membeli paket internet yang disediakan oleh sebuah perusahaan telekomunikasi, maka kamu tidak hanya mendapatkan kuota internetnya saja, melainkan juga produk-produk lainnya seperti kuota SMS, telepon, nonton dan lain sebagainya.  

Begitu juga dengan Reksa Dana. Melalui satu paket investasi Reksa Dana yang disediakan oleh sebuah Manajer Investasi, kamu akan mendapatkan lebih dari satu produk investasi. Bukan hanya bertugas menyediakan paket investasi, manajer investasi juga bertanggung jawab dalam pengelolaan portofolio investasi termasuk di dalamnya memilih dan membuat keputusan mana saja saham, obligasi, deposito maupun surat berharga yang nantinya akan dibeli.

Dari pembahasan tersebut di atas, dapat dilihat bahwa ada 3 hal penting yang dapat kita highlight nih SimFriend:

  1. Kamu/Investor/Masyarakat = pembeli/pendana produk investasi
  2. Produk investasi = portofolio efek yang di dalamnya berisi berbagai macam instrumen investasi seperti saham, obligasi dan/atau instrumen pasar uang
  3. Manajer Investasi = pengelola paket investasi  

Dengan demikian, Reksa Dana merupakan paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi yang berisikan lebih dari 1 instrumen investasi misalnya, kamu beli paket investasi Reksa Dana Saham, maka uang yang kamu investasikan akan dibelikan lebih dari 1 jenis saham oleh Manajer Investasi yang kamu percayakan. 

3 Jenis Reksa Dana di SimInvest

Nah, SimFriend udah tau belum nih kalau ada 3 jenis Reksa Dana yang kamu bisa beli lewat aplikasi SimInvest? Yuk simak jenis-jenis Reksa Dananya!

  1. Reksa Dana Pasar Uang. Reksa Dana Pasar Uang merupakan Reksa Dana dengan tingkat risiko rendah jika dibandingkan jenis Reksa Dana lainnya. Pasalnya, 100% dana diinvestasikan pada instrumen pasar uang antara lain obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun, deposito, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Reksa dana jenis ini memiliki risiko paling rendah dan imbal hasilnya juga relatif lebih kecil.
  2. Reksa Dana Saham. Reksa Dana Saham merupakan Reksa Dana yang cocok untuk investor dengan profil risiko agresif karena memiliki risiko paling tinggi dengan potensi keuntungan paling tinggi juga dibandingkan dengan jenis Reksa Dana lainnya. Hal ini disebabkan karena minimal 80% dana kelolaannya diinvestasikan pada saham.
  3. Reksa Dana Pendapatan Tetap. Reksa Dana Pendapatan Tetap merupakan Reksa Dana yang cocok untuk kamu yang tujuan investasinya untuk menghasilkan return yang stabil karena memiliki tingkat risiko menengah, dimana return yang didapat biasanya lebih tinggi dari Reksa Dana Pasar Uang tetapi lebih rendah dari Reksa Dana Saham. Hal ini didukung oleh penempatan 80% dana kelolaannya  dialokasikan pada instrumen surat berharga dan obligasi. 

Keuntungan Reksa Dana

  1. Dana dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi adalah seorang profesional yang memiliki sertifikat Wakil Manajer Investasi dan/atau sertifikat global Certified Financial Analyst (CFA) sehingga memiliki keahlian khusus dalam mengelola portofolio. Mereka yang akan memutuskan saham, obligasi, deposito atau surat berharga mana yang akan dibeli. Pengambilan keputusan ini tentunya didasari pada data dan analisis yang mereka lakukan 
  2. Diversifikasi aset. Reksa Dana menerapkan prinsip diversifikasi. Misalnya, dengan membeli Reksa Dana Indeks Simas Sri Kehati di SimInvest, kamu tidak hanya membeli saham BBCA (Bank Central Asia) saja melainkan juga ASII (Astra International), BMRI (Bank Mandiri) dan saham-saham lainnya semuanya dalam satu paket.
  3. Investasi terjangkau. Investasi mulai dari 10 ribu saja, kamu bisa membeli reksa dana di SimInvest. 
  4. Biaya relatif lebih rendah. Investasi Reksa Dana di SimInvest tidak dikenakan fee beli dan beberapa produk Reksa Dana tidak memiliki fee jual.
  5. Pencairan dana dilakukan kapan pun. Dana investasi dapat dicairkan kapan pun oleh investor. Jika kamu investasi di SimInvest, dana akan masuk maksimum 7 hari bursa ke rekening bank kamu.

Nah! Menarik banget kan SimFriend? So, buat kamu yang belum mulai investasi, Reksa Dana bisa banget nih kamu jadiin alternatif investasi terutama untuk kamu yang masih belum paham mengenai saham. Yuk langsung beli Reksa Dana yang sesuai profil risiko kamu di aplikasi SimInvest!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: