Mau Investasi Saham atau Reksa Dana? Pelajari Dulu Yuk!

Mau Investasi Saham atau Reksa Dana Pelajari Dulu Yuk

Hi Bestie, siapa yang udah mulai coba-coba buat investasi nih? Investasi bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu bisa meraih keuntungan finansial loh. Di artikel ini kita akan membahas ada dua opsi investasi yang populer sehingga layak buat dipelajari dan kamu harus tahu, yaitu investasi saham dan reksa dana. 

Kamu bisa belajar dan memahami dasar-dasar kedua jenis investasi ini, sehingga kedepannya kamu bisa lebih mudah memilih investasi apa yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apa Itu Saham dan Reksa Dana?

Pertama-tama kita mulai dulu dari definisi investasi saham dan reksa dana ya Bestie. Investasi saham adalah ketika kamu membeli sedikit atau sebagian kepemilikan dalam perusahaan dan berpotensi mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai saham. Sedangkan investasi reksa dana adalah kumpulan dana dari berbagai investor yang dikelola oleh profesional dan diinvestasikan dalam berbagai instrumen, termasuk saham.

Perbedaan Saham dan Reksa Dana

Ini dia perbedaan utama antara saham dan reksa dana, kalau saham adalah kepemilikan langsung dalam perusahaan, sementara reksa dana adalah kepemilikan bersama dengan investor lain. Reksa dana lebih terdiversifikasi karena dana diinvestasikan dalam berbagai instrumen, sehingga mengurangi risiko.

Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Kedua jenis investasi ini memiliki potensi keuntungan, tetapi juga ada risikonya. Saham dapat memberikan keuntungan besar namun memiliki risiko fluktuasi harga yang tinggi. Sedangkan reksa dana memberikan diversifikasi dan dikelola oleh ahli, jadi bisa lebih aman untuk kamu yang pemula. Tapi ada juga jenis reksa dana yang bisa mengalami kerugian, namanya reksa dana saham, terutama jika pasar saham sedang menurun. Namun, diversifikasi dalam reksa dana dapat membantu meredakan dampak kerugian dibandingkan investasi tunggal dalam saham.

Kesimpulannya Pilihlah yang Sesuai dengan Tujuan

Investasi saham dan reksa dana memiliki karakteristik berbeda. Untuk kamu yang pemula, reksa dana mungkin lebih cocok karena risiko yang lebih terkelola. Namun, keputusan akhir tergantung pada tujuan keuangan dan tingkat kenyamanan kamu dalam mengambil risiko.

Jadi, jangan takut untuk memulai ya Bestie. Kamu bisa pelajari lebih lanjut tentang investasi kedua investasi ini dengan bertanya ke teman yang lebih mengerti tentang investasi atau kamu juga bisa follow Instagram @siminvest. Dengan pengetahuan yang tepat, kamu bisa membangun masa depan keuangan yang lebih baik.

Kabar baiknya kamu bisa investasi saham dan reksa dana di SimInvest loh Bestie, karena investasi kamu bisa investasi saham atau reksa dana dalam 1 aplikasi, jadinya lebih SIMpel.

Tentang SimInvest

SimInvest merupakan salah satu brand aplikasi investasi saham dan reksa dana online terbaik di Indonesia. SimInvest dirilis oleh Sinarmas Sekuritas yang mendapat predikat Sekuritas Terbaik 2022 versi Majalah Investor dan berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam melayani masyarakat Indonesia di bidang keuangan dan investasi.  

Insight Hari ini:

Ikuti kami: