Wah Akan Ada Yang Akuisisi Tambang Di Morowali Setelah IPO

Wah Akan Ada Yang Akuisisi Tambang Di Morowali Setelah IPO
Bagikan:

SimFriend, kira-kira apa sih yang ada di pikiranmu saat mendengar atau membaca tentang “akuisisi”? Menurut beberapa artikel lainnya, akuisisi adalah salah satu strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya atau mempercepat pertumbuhan sebuah perusahaan. Aksi korporasi akuisisi sangat umum dilakukan dalam praktik bisnis baik di Indonesia maupun di kancah global. Kita bisa jadi sering mendengar pemberitaan akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Ukuran kesepakatan terkait akuisisi yang cukup besar pun biasanya menjadi sorotan media massa.

Nah, emiten baru yang belum lama menawarkan Initial Public Offering atau yang biasa kita sebut IPO ini, dikabarkan akan mengakuisisi tambang yang berada di Morowali Utara. Bener banget! Emiten PT. Sumber Mineral Global Abadi Tbk. (SMGA). Rencana akuisisi ini akan dilaksanakan pada kuartal II di tahun 2024 dan akan membangun smelter pada tahun 2026 mendatang.

Julius Edy Wibowo sebagai Direktur Utama SMGA mengatakan bahwa tambang nikel yang akan diakuisisi, nantinya akan mulai berproduksi pada kuartal III/2024 dan akan berdampak pada pendapatan semester II/2024 mendatang. Menurut Julius “Dananya dari operasional dan bukan IPO, transaksinya material dan di bawah 50% dari ekuitas, tidak perlu RUPS, kami belum bisa disclose,” katanya, dikutip pada Selasa (30/1/2024). Julius juga menambahkan kalau tambang nikel lokal yang diakuisisi tersebut bisa memproduksi nikel ore sekitar 50.000 hingga 100.000 ton per bulan. Julius mengaku aksi akuisisi ini dilakukan untuk membangun pasar yang pasti di kemudian hari

SMGA memiliki opsi untuk penjualan yaitu tambang sendiri maupun penjualan dari nikel yang dibeli. Adapun, SMGA optimis dengan harga nikel yang berada di kisaran US$15.000 masih memberikan keuntungan selama produksi terjaga efisiensinya. Sebagai bocoran, SMGA berencana membangun pabrik pengolahan atau smelter pada 2026 mendatang. Smelter ini di gadang-gadang akan menggunakan teknologi terbaru, yang bisa menaikkan kadar nikel sampai di angka 60%. Output dari smelter ini adalah nikel matte

Nantinya, nikel matte ini bisa digunakan untuk katoda baterai kendaraan listrik yang sedang naik daun. Saat ini, SMGA sedang melakukan akuisisi lahan dan persiapan konstruksi untuk pembangunan smelter. SimFriend sudah cek saham SMGA belum? Jangan sampai kamu kelewatan ya. Cek saham favorit kamu di SimInvest dan pantau terus ya! Psst… siapa tau cuan datang menghampiri kamu..

Bagikan:
Ikuti Kami:

Related post

Copyright 2023 © All rights Reserved. PT Sinarmas Sekuritas