JAKARTA – Produsen kosmetik dan jamu PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) berhasil membalikkan rugi bersih menjadi laba bersih sepanjang semester I/2023.
Berdasarkan laporan keuangan, MRAT membukukan pendapatan sebesar Rp167,80 miliar sepanjang semester I/2023. Capaian tersebut naik tipis dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp166,89 miliar.
Meski pendapatan hanya meningkat 0,54 persen, beban pokok justru meningkat lebih tinggi. Sepanjang semester I/2023 beban tercatat sebesar Rp84,42 miliar atau naik 9,98 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp76,77 miliar.
Sementara itu, terdapat penurunan pada pos beban penjualan serta beban umum dan administrasi sepanjang semester I/2023 dan tercatat masing-masing sebesar Rp51,42 miliar dari Rp67,30 miliar dan Rp24,92 miliar dari sebelumnya sebesar Rp26,75 miliar.
Adapun MRAT membukukan pendapatan lain-lain sebesar Rp550,03 juta padahal pada periode tahun lalu membukukan beban lain-lain sebesar Rp117,15 juta.
Kemudian terdapat lonjakan pendapatan keuangan dari sebelumnya sebesar Rp13 juta menjadi Rp3,09 miliar.
Alhasil, MRAT dapat membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp37,28 juta dari sebelumnya rugi bersih sebesar Rp9,9 miliar.
Sementara itu, total liabilitas tercatat sebesar Rp229,47 miliar dengan rincian liabilitas jangka panjang sebesar Rp45,68 miliar dan liabilitas jangka pendek sebesar Rp183,78 miliar.
Kemudian ekuitas MRAT tercatat sebesar Rp413,42 miliar sehingga total aset tercatat sebesar Rp642,90 miliar.
Sebelumnya dalam paparan publik beberapa waktu lalu, Manajemen MRAT meyakini bahwa perkembangan tren konsumen belakangan ini sangat mendukung untuk peluang Mustika Ratu bisa melakukan perbaikan dalam hal penjualan di 2023 menjadi sangat besar.
Baik peluang pada tren konsumen dalam kategori beauty dan health itu masih sangat kuat terutama setelah kita memasuki masa endemi, di mana konsumen lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah.
“Dengan demikian akan membutuhkan penggunaan produkproduk beauty dan tentunya health yang akan tumbuh semakin kuat di tahun 2023,” kata manajemen, dikutip Kamis (28/9/2023).
Manajemen MRAT mengatakan kondisi tersebut sesuai dengan bisnis line terkait pengaruh dari perkembangan industri pariwisata post pandemi yang juga semakin pulih, tentunya juga akan berdampak baik terhadap line bisnis Mustika Ratu di bidang Spa & Wellness maupun juga di bidang industri kreatif.