Asik! Perusahaan Ini Berpotensi Untuk Membagikan Dividen Yield Jumbo 2024

Asik! Perusahaan Ini Berpotensi Untuk Membagikan Dividen Yield Jumbo 2024
Bagikan:

Untuk si paling dividen hunter, ini merupakan berita yang ditunggu-tunggu, benar bukan? Iya dong! Karena pada tahun 2024 ini, akan ada beberapa perusahaan yang akan berpotensi membagikan dividen yield jumbo. Awal tahun sudah dapat kabar baik, bikin kita semakin semangat berinvestasi ga nih SimFriend?

Beberapa waktu ini, sejumlah emiten telah memberikan “kode” tentang pembagian dividen jumbo pada 2024. Beberapa bahkan sudah mencicil melalui pembagian dividen interim pada tahun ini. Nah, cara yang paling mudah untuk mendapatkan saham dengan imbal hasil dividen besar adalah melihat konstituen indeks IDX High Dividend 20. Di sepanjang tahun 2023, dari 20 konstituen indeks tersebut, sudah tercatat 7 emiten yang sudah membagikan dividen interim dengan yield yang lumayan loh, bahkan nih ada yang sampai memberikan yield hampir 9%! Kebayang gak nih? Namun pembagian dividen interim tersebut sudah berlalu dan sekarang yang perlu investor lakukan adalah fokus untuk melihat potensi cuan pada tahun ini, yaitu 2024 dengan melihat peluang saham yang bisa memberikan dividen 

Memang biasanya sih pembagian dividen final perseroan dilakukan pada sekitar bulan April-Juli setelah mendapatkan izin dari para pemegang saham pada saat RUPS dan setelah merilis laporan keuangan fiskal tahun 2023 yang diperkirakan akan mulai pada bulan Februari sampai bulan Maret 2024.

Diantara banyaknya emiten yang akan membagikan dividen, nah ini lah top 5 yang diprediksi akan membagikan dividen yield jumbo pada tahun 2024:

  1. ITMG (PT.Indo Tambangraya Megah )

Yang pertama adalah dari sektor batu bara, ITMG ini termasuk konstituen IDX High Dividend 20. ITMG dikenal rutin membagikan dividen jumbo setiap tahunnya. Untuk 2023 kemarin tercatat telah membagikan dividen interim sebesar Rp3 triliun dengan yield 9%. 

  1. UNTR (PT. United Tractor)

Anak perusahaan dari grup Astra International, juga terbilang rutin membagikan dividen dan masuk menjadi salah satu konstituen IDX High Dividen 20. Pada tahun 2023 saja, UNTR membagikan dividen interim sebesar Rp701 per saham atau setara yield 2,6%. 

  1. ADRO (PT. Adaro Energy Indonesia)

Emiten ini juga termasuk pada sektor batu bara dan terkenal memiliki likuiditas yang jos, ADRO pun rutin membagikan dividen, meski harga batu bara sedang mengalami penurunan, tetapi konsensus analis memproyeksikan laba bersih yang lumayan. Selain itu konsensus Bloomberg pun memperkirakan rasio payout mencapai 41% maka yieldnya berpotensi sampai 11%.

  1. BBRI (PT. Bank Rakyat Indonesia)

Bergeser ke sektor perbankan, BBRI menjadi konstituen IDX High Dividend 20 dan termasuk kedalam saham big-4 bank yang rutin membagikan dividen setiap tahun. Dan potensi dividen pada tahun ini mencapai Rp 49,9 triliun atau setara Rp 331 per saham dengan yield setara 6%.

Sebenarnya, pengertian dividen yield sendiri adalah dividen per saham dibagi harga pasar saham. Kalau bahasa sederhananya, dividend yield adalah tingkat keuntungan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Nah, apakah SimFriend sudah ada yang merasakan dividen yield dari saham ini? Yuk nabung saham di SimInvest biar tahun depan kamu bisa merasakan dividen yield juga! 

Bagikan:
Ikuti Kami:

Related post

Copyright 2023 © All rights Reserved. PT Sinarmas Sekuritas