Cara Trading Saham

Poin Penting!

Untuk bisa melakukan trading saham dengan sukses, dibutuhkan trading plan yang dieksekusi dengan baik, sesuai dengan psikologi masing-msaing investor, juga dibalut dengan  risk management yang prima

Bukan cuma soal perang yang perlu strategi, dalam berinvestasi pun dibutuhkan strategi yang matang dan penerapan secara hati-hati.

Tahukah kamu bahwa ada 4 faktor penting menentukan keberhasilan kamu dalam melakukan trading saham,  hal ini wajib perlu kamu terapkan agar trading kamu makin sukses:

  1. Trading Plan, trading saham tanpa rencana ataupun strategi sangat rentan loss terutama karena kamu akan cenderung asal pilih saham tanpa mempertimbangkan kebutuhan kamu yang sebenarnya.Kesalahan penempatan aset dalam berinvestasi akan menyebabkan kamu memiliki risiko loss yang lebih besar. Hal ini dikarenakan tujuan dan implementasi yang tidak selaras. Jika kamu memiliki trading plan maka tujuan investasi kamu akan lebih jelas sehingga kamu akan fokus dalam memilih saham mana yang cocok kamu investasikan.

    Strategi jangka pendek:
    Pilihlah emiten dengan industri yang sedang booming, kinerja keuangan bagus, kondisi teknikal uptrend, dan undervalue.

    Strategi jangka panjang:
    Pilih saham yang memiliki kondisi saham yang benar-benar sudah terdiskon, memiliki prospek bisnis yang sangat bagus dalam 2-5 tahun kedepan, meskipun industrinya saat ini kurang baik namun terdapat prospek pemulihan di masa depan. Kondisi saham tidak ditentukan dari kondisi teknikal, karena tujuan investasi adalah jangka panjang.

    Maka, jika kamu memiliki strategi jangka pendek namun memilih saham tanpa melihat momentum harga teknikalnya dan hanya berpedoman pada prospek masa depan, tentu ini kamu strateginya kurang tepat. Namun sebaliknya, jika kamu memiliki strategi investasi jangka panjang, maka poin yang harus kamu perhatikan adalah ke prospek di masa depan secara fundamentalnya karna ini untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.
  2. Trade Execution
    Setelah kamu memahami Trading Plan kamu, “jangka pendek atau panjang”. Maka selanjutnya adalah melakukan eksekusi. Kamu Harus paham bahwa di sesi perdagangan saham terdapat waktu-waktu yang sangat penting. Pastikan kamu dapat memanfaatkan dan memahami 3 waktu penting dalam pasar saham.


  3. Trading Psychology
    Jika kamu sudah memutuskan untuk membeli saham, maka kamu juga perlu untuk memaintenance saham yang kamu miliki di portofolio kamu. Dan trik satu ini dapat kamu terapkan bukan hanya dalam memaksimalkan keuntungan kamu namun juga agar kamu lebih nyaman dalam bertransaksi saham secara mental dan fisik.



    Tahukah kamu, bahwa kondisi mental yang sehat sangat-sangat mempengaruhi optimalisasi kamu dalam memperoleh cuan. Jadi pastikan bahwa saat berinvestasi kamu dalam kondisi happy, santai dan berkepala dingin.
  4. Risk Management
    Terakhir adalah melakukan risk management secara bijak dengan melakukan evaluasi portofolio saham dengan rutin. Cek saham yang loss dan profit, dan jangan segan untuk terapkan batasan cut loss untuk menghindari risiko yang lebih besar, serta tentunya juga terapkan disiplin profit agar cuan yang sudah diperoleh bisa diamankan. Jangan terlalu greedy dan jangan pula terlalu fearful

Sebelum memulai pastikan kamu sudah pahami 4 poin ini ya agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan kamu dan meminimalisir risiko.

untuk lebih jauh mengenai tips dalam investasi saham follow IG SIminvest.