5 Istilah yang Sering Dipakai Dalam Pembagian Dividen

Kamu tahu gak sih kalau keuntungan investasi saham tidak hanya berasal dari return saja. Ada juga dividen yang bisa kamu dapatkan dari saham-saham tertentu. Nah, apa sih dividen itu?

Dividen adalah pembagian sebagian dari laba perusahaan kepada pemegang saham. Dividen biasanya dibayarkan dalam bentuk tunai, tetapi bisa juga dalam bentuk saham tambahan.

Ada beberapa terminologi sering digunakan dalam proses pembagian dividen yang perlu kamu pahami agar dapat membantu membuat keputusan investasi dan memaksimalkan keuntungan. Apa saja? Simak penjelasannya di sini!

1. Declaration Date

Declaration date atau tanggal pengumuman adalah tanggal di mana perusahaan mengumumkan rencana mereka untuk membayar dividen. Pada tanggal ini, dewan direksi akan mengumumkan jumlah dividen, tanggal pencatatan, dan tanggal pembayaran.

2. Cum Date 

Cum date adalah tanggal terakhir untuk membeli saham atau memegang saham agar investor memiliki hak untuk mendapatkan dividen. Jika investor melepas saham saat cum date, maka dia tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dividen.

3. Ex-Dividend Date

Ex-dividend date atau sering disebut ex-date adalah tanggal di mana saham mulai diperdagangkan tanpa hak atas dividen berikutnya. Jika investor membeli saham pada atau setelah tanggal ini, investor tidak berhak menerima dividen yang diumumkan.

4. Recording Date

Recording date atau tanggal pencatatan adalah tanggal di mana perusahaan menentukan daftar pemegang saham yang berhak menerima dividen. Investor harus terdaftar sebagai pemegang saham pada akhir hari ini untuk berhak menerima dividen.

5. Payment Date

Payment date atau tanggal pembayaran adalah tanggal di mana dividen akan dibayarkan kepada pemegang saham. Ini adalah hari di mana uang atau saham tambahan dikirimkan ke rekening pemegang saham.

Contoh kasus:

Perusahaan EFGH akan mengumumkan dividen Rp50 per saham pada tanggal 30 Agustus 2024 dengan informasi pembagian dividen sebagai berikut:

  • Cum date: 10 September 2024
  • Ex date: 11 September 2024
  • Recording date: 12 September 2024
  • Payment date: 25 September 2024

Artinya, jika kamu membeli saham EFGH pada 10 September 2024 atau sebelumnya, maka kamu akan mendapatkan dividen yang dibayarkan pada 25 September 2024. Namun, jika kamu membeli saham pada 11 September 2024, maka kamu tidak berhak mendapatkan dividen pada 25 September 2024. Atau, kamu beli saham pada 9 September 2024, tapi dijual sebelum cum date, maka kamu tidak berhak mendapatkan dividen. 

Gimana sih biar gak ketinggalan info pembagian dividen? Gampang! Kamu tinggal pilih ‘Event’ di aplikasi SimInvest dan semua jadwal terbaru pembagian dividen bisa kamu temukan!

Download sekarang dan pantau emiten yang akan tebar dividen di SimInvest!