7 Cara Memilih Sekuritas yang Tepat

7 Cara Memilih Sekuritas yang Tepat
Bagikan:

Hai, bestie! Tahukah kamu jika untuk bertransaksi saham, kamu membutuhkan sekuritas sebagai perantara proses ini. Ibarat pergi ke destinasi yang jauh, kamu butuh “kendaraan” yang aman dan nyaman untuk bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Begitu pula dengan berinvestasi, jika kamu punya tujuan keuangan untuk mewujudkan mimpi, maka kamu membutuhkan perantara untuk bisa menginvestasikan dana mu dalam instrumen saham dalam hal ini perusahaan sekuritas.

Saat ini, ada lebih dari 100 perusahaan sekuritas di Indonesia sehingga penting bagi kamu untuk memilih sekuritas yang tepat dari banyaknya pilihan yang ada sebagai teman terbaikmu dalam berinvestasi. Yuk kita bahas selengkapnya tentang cara memilih sekuritas yang tepat dalam tujuh cara di bawah ini! 

1. Pastikan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Definisi yang dikutip dari laman website OJK, perusahaan sekuritas disebutkan sebagai perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal. Jadi, perusahaan yang berizin dan diawasi OJK menjadi syarat mutlak ketika kamu memilih perusahaan sekuritas. Untuk mengetahuinya, kamu bisa cek laman resmi perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK

2. Pastikan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Langkah selanjutnya, mengecek perusahaan sekuritas yang kamu pilih terdaftar sebagai Anggota Bursa (AB) di BEI. Anggota Bursa yang telah memperoleh izin dari Bapepam dan mempunyai hak untuk menggunakan sistem atau sarana Bursa Efek Indonesia sesuai dengan peraturannya, apabila sudah memperoleh izin dari OJK. Kamu bisa lihat daftarnya di sini!

3. Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang tinggi

Melalui MKBD, investor dapat mengetahui sehatnya keuangan di perusahaan sekuritas tertentu. Dengan kata lain, perusahaan dengan MKBD yang tinggi menunjukkan kinerja dari manajemen perusahaan yang baik secara internal maupun eksternal perusahaan. Pilih perusahaan sekuritas yang punya MKBD memenuhi persyaratan regulator dan memiliki struktur modal keuangan yang kuat.

4. Kenali Fasilitas dan Riset yang Ditawarkan

Perusahaan sekuritas yang baik akan menyediakan berbagai fasilitas untuk memudahkan para investor dalam bertransaksi. Fasilitas-fasilitas ini bisa mencakup platform atau dukungan teknologi seperti aplikasi mobile yang memungkinkan kamu untuk mengakses layanan riset pasar yang komprehensif. Riset pasar yang berkualitas akan membantu kamu untuk membuat keputusan investasi yang lebih cerdas berdasarkan analisis data dan perkiraan tren pasar.

5. Mendapat Penghargaan dari Lembaga Terpercaya

Sebuah perusahaan sekuritas yang telah mendapatkan penghargaan dari lembaga-lembaga terpercaya dalam industri keuangan menunjukkan kualitas dan reputasi yang diakui oleh para ahli. Penghargaan tersebut bisa mencakup pengakuan atas keunggulan pelayanan, inovasi teknologi, atau keberhasilan dalam mencapai kinerja investasi yang mengesankan. Memilih perusahaan sekuritas yang telah meraih penghargaan tersebut dapat memberikan kamu kepercayaan tambahan bahwa kamu berada di tangan yang aman dan terpercaya.

6. Kemudahan Transaksi

Kemudahan dalam melakukan transaksi merupakan hal yang sangat penting dalam berinvestasi di pasar modal. Pilihlah perusahaan sekuritas yang menyediakan platform transaksi yang mudah digunakan dan memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi dengan cepat dan efisien. Selain itu, perhatikan juga apakah perusahaan menyediakan layanan transaksi dalam berbagai emiten di pasar modal, sehingga kamu memiliki fleksibilitas untuk mengelola portofolio sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

7. Layanan Nasabah yang Cepat dan Tanggap

Kualitas layanan nasabah sangat berpengaruh terhadap pengalaman kamu sebagai investor. Perusahaan sekuritas yang baik harus memiliki tim customer support yang ramah, cepat, dan tanggap dalam merespons pertanyaan dan permintaan kamu. Layanan nasabah yang berkualitas akan membantu kamu mengatasi berbagai kendala atau kesulitan yang mungkin timbul dalam proses berinvestasi. Pastikan perusahaan sekuritas yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dalam memberikan layanan nasabah yang responsif dan membantu.

#Factsheet SimInvest

  • SimInvest merupakan salah satu brand aplikasi investasi saham dan reksa dana online terbaik di Indonesia. 
  • SimInvest dirilis oleh Sinarmas Sekuritas yang mendapat predikat Sekuritas Terbaik 2022 versi Majalah Investor dan berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam melayani masyarakat Indonesia di bidang keuangan dan investasi.   
  • SimInvest telah terdaftar dan diawasi OJK, sehingga legalitasnya terjamin untuk investor mendapatkan haknya dengan baik.
  • SimInvest dinaungi oleh PT Sinarmas Sekuritas yang berpengalaman lebih dari 30 tahun melayani masyarakat Indonesia di bidang keuangan dan investasi. 

#Sejarah Sinarmas Sekuritas

  • PT Sinarmas Sekuritas didirikan pada tahun 1988 dengan nama PT Sinarmas Ekagraha Money Changer yang bergerak dalam bidang perdagangan valuta asing, traveller’s cheque, dan surat-surat berharga lainnya dalam valuta asing.
  • Pada tahun 1989, nama PT Sinarmas Ekagraha Money Changer berubah menjadi PT Sinarmas Ekagraha dan menjadi PT Sinarmas Sekuritas pada tahun 1995, dengan nomor izin usaha: Izin sebagai Penjamin Emisi Efek No. Kep-82/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992 dan Perantara Pedagang Efek No. Kep-83/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992.
  • Hingga saat ini, Sinarmas Sekuritas hadir di 75 titik di puluhan kota di Indonesia, termasuk di kota-kota besar sebanyak 22 cabang resmi.

#Kelebihan SimInvest

  • Selain terdaftar dan diawasi OJK, SimInvest yang diinovasi oleh Sinarmas Sekuritas ini sudah mendapat ISO 27001 atau Information Security Management Systems (ISMS), yakni standar internasional yang diakui secara global dalam perlindungan keamanan data dan informasi nasabah.
  • Pembukaan Rekening Dana Saham (RDN) di SimInvest sangat cepat hanya dalam hitungan jam.
  • Aplikasi dapat diunduh dengan mudah melalui Play Store dan App Store.
  • Setiap transaksi di SimInvest akan mendapatkan poin (StarPoin), yang membedakan SimInvest dengan aplikasi lainnya
  • Berbagai produk reksadana unggulan dapat diakses dalam satu aplikasi di SimInvest.
  • SimInvest memiliki sub-platform, yaitu SimInvest Lab yang merupakan tempat belajar investasi mulai dari pemula, intermediate, hingga ahli.
  • Rekomendasi saham terdaftar dalam fitur DAILY RESEARCH didukung oleh periset dan analisa ahli dari Sinarmas Sekuritas.
  • Biaya transaksi di SimInvest sangat kompetitif hingga 0,1%.  
Bagikan:
Ikuti Kami:

Related post

Copyright 2023 © All rights Reserved. PT Sinarmas Sekuritas