Bahas Kerjasama Bilateral, Ini Pertemuan Prabowo Dan Xi Jinping

Bahas Kerjasama Bilateral, Ini Pertemuan Prabowo Dan Xi Jinping

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029 yaitu Prabowo, telah bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dalam rangka kunjungan kehormatan di Balai Agung Rakyat (The Great Hall of The People In Beijing) di Beijing pada Senin kemarin. Harapan dari pertemuan bilateral ini adalah Prabowo dapat menerapkan secara progresif terkait rencana penguatan kemitraan komprehensif antara dua negara ini, Indonesia dan China

Kata Prabowo, yang dikutip dari Biro Humas Setjen Kemhan RI “Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan” tambahnya “Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar matra” 

Prabowo juga berpendapat kalau Indonesia dan China merupakan perwakilan dari negara-negara berkembang dan pasar negara yang berkembang. Ditarik dari masa lalu kedua negara ini saling mendukung maka di masa depan kedua negara ini, Indonesia dan China juga harus bersatu dalam itikad baik untuk memberikan contoh kerja sama yang saling menguntungkan. Menurut Xi Jinping, contohnya adalah WHOOSH  (KCIC) yang merupakan kerja sama bilateral yang berkualitas antara dua negara ini.

Disisi lain, selain kerja sama dalam bentuk perekonomian, Xi Jinping juga menegaskan kalau China bersedia untuk meningkatkan kerjasama yang strategis komprehensif dengan Indonesia. Dalam hal ini berarti ketersediaan China untuk mempererat dan memperkuat hubungan bilateral dalam bidang selain ekonomi, yaitu pertahanan dan keamanan juga. China pun juga bersedia untuk memberikan kontribusi dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional dan juga global. Disebutkan juga kalau kerja sama antara Indonesia dan China dalam menjaga keamanan laut di wilayah Asia Tenggara.

Maka dari itu, Prabowo juga merasa bahwa China merupakan mitra yang kuat untuk Indonesia. Perusahaan China pun juga ikut berpartisipasi secara mendalam dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, selain itu juga berkontribusi dalam pembangunan nasional dalam beberapa tahun belakangan.

Nah, menarik kan SimFriend program pemerintah dalam membangun Tanah Air? Yuk kita juga ikut membangun tanah air. Gimana caranya? Yep! Dengan kamu berinvestasi saham & reksa dana di SimInvest, maka kamu juga sudah mendukung pertumbuhan ekonomi nasional loh! Hmm.. Menurut SimFriend kira-kira nanti saham-saham apa aja yaa yang akan naik karena meningkatnya kerja sama bilateral ini? Yuk pantau terus saham-saham favorit kamu di SimInvest!

Ikuti kami: