Jangan Seperti Ini! 4 Alasan Kamu Gagal Siapkan Dana Pensiun

Jangan Seperti Ini! 4 Alasan Kamu Gagal Siapkan Dana Pensiun

Masa tua adalah masa dimana kita beristirahat dari segala aktifitas berat. Menikmati masa tua, biasanya kita juga akan bermimpi tentang mempunyai dana pensiun yang sudah kita siapkan jauh sebelum hari pensiun tiba. Menikmati bermain bersama cucu di rumah, melakukan hobi ringan seperti bercocok tanam atau bepergian bersama pasangan atau keluarga memang didambakan oleh semua orang.

Memang, sebelum kita melalui masa tua ataupun setelah pensiun, selagi muda sekarang kita harus produktif agar dana yang kita kumpulkan cukup. Berinvestasi di reksa dana SimInvest ataupun saham dengan jangka panjang bisa menjadi salah satu cara agar uang kita tidak dimakan oleh inflasi.

Namun, sebelum mempersiapkan dana pensiun, kamu harus tahu terlebih dahulu berapa besar dana yang harus disiapkan untuk masa pensiun nanti. Hal itu mungkin terdengar tidak seberapa, tetapi percaya deh dampaknya akan sangat besar jika tidak mengetahuinya sejak dini. Berikut, ada 4 alasan kenapa kamu gagal mempersiapkan dana pensiun, kamu jangan seperti ini ya!

  1. Terlambat mempersiapkan dana pensiun

Buat SimFriend yang suka menunda-nunda pekerjaan, jangan sampai kamu menunda dalam mempersiapkan dana pensiunmu. Jangan karena masih muda dan single, kita berpikiran “ah nanti saja deh, masih mau menikmati hidup”. Self-reward memang tidak salah, namun jika kamu selalu beralasan seperti itu, bisa jadi uang yang kamu kumpulkan tidak cukup untuk hari tuamu nanti.

  1. Tidak memiliki rencana keuangan di masa tua 

Dikutip dari website Amartha, oleh perencana keuangan David Walters mengatakan bahwa gaji pasti akan berkurang setelah pensiun, tetapi jika kamu masih memiliki tagihan, itu pasti akan terus mengganggu. Disini kita tahu bahwa Walters menyarankan untuk menghitung money flow bulanan kita sebelum pensiun. Memperhitungkan beberapa pengeluaran agar kamu dapat melihat berapa banyak pendapatan yang kamu capai.

  1. Lifestyle yang selalu naik mengikuti zaman

Sama seperti perkembangan zaman, gaya hidup juga mengikuti, termasuk cara berpakaian, gadget terbaru sampai cara bicara. Tidak ada yang melarang untuk mengikuti zaman. Namun, kita harus mengakui bahwa ada saat-saat ketika kita terlalu fokus pada apa yang ada saat ini. Fenomena FOMO alias fear of missing out adalah contoh mengapa kita lebih memilih menikmati saat muda daripada mempersiapkan masa depan. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan berbagai gaya hidup dan menikmati hasil kerja keras selama ini, tetapi jangan lupa juga untuk merencanakan tabungan masa depan ya.

  1. Punya hutang besar

Saat kita memasuki usia pensiun, kita sebaiknya sudah tidak memiliki utang apapun lagi. Maka dari itu, sangat penting untuk menyelesaikan semua hutang sebelum pensiun karena cara terbaik untuk mencicil hutang adalah dengan menggunakan hasil bekerja pada saat masih produktif. Disaat masa tua nanti, kita hanya dapat bergantung pada pemasukan dari aset aktif atau dana pensiun saat kita sudah masuk usia pensiun.

Masa tua dan masa pensiun memang akan kita hadapi nanti. Siapa yang tidak mau dengan kehidupan nyaman saat masa tua, benar kan SimFriend? Nah, biar kamu bisa menabung dan juga investasi, jawaban kamu hanya satu. SimInvest!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: