Jangan Salah, Ini Dia Bedanya Quick Count Dan Real Count Pada Pemilu

Pemilu 2024 telah dilaksanakan pada Rabu (14/2) secara serentak di seluruh Indonesia. Bukan cuma pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, namun juga DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Jadi, siapa nih yang kemarin memilih dan langsung berburu diskon, Sim Friend? Seru banget kan, melihat diskon yang melimpah ruah di kala pemilu. Biasanya cukup menunjukkan jari ungu, udah cukup buat mendapatkan diskon.

Setelah pemilu, biasanya dilakukan perhitungan suara, baik yang berbasis survey atau perhitungan menyeluruh. Ada beberapa cara penghitungan suara, yang sifatnya prediksi seperti Quick Count (hitung cepat) atau Exit Poll (mewawancarai beberapa partisipan di pintu keluar), maupun yang secara langsung menggunakan suara dari seluruh tempat perhitungan suara, Real Count.

Secara rinci Quick Count atau hitung cepat adalah perhitungan secara prediktif dan cepat. Data ini diperoleh berdasarkan berita acara hasil perhitungan (C1) berdasarkan TPS yang dipilih secara acak yang menggambarkan populasi suatu daerah tertentu. Karena mengambil sampel dari beberapa TPS, Quick Count juga memiliki margin error walaupun tidak sebesar Exit Poll.

Sementara Real Count adalah hasil perhitungan sebenarnya. Yang dimana perhitungan ini adalah hasil C1 dalam bentuk tabulasi dan ditampilkan saat itu juga di situ penyelenggara pemilu (KPU). 

Selain itu, berikut beberapa perbedaan Quick Count dan Real Count:

  • Quick count, hasil dikeluarkan oleh lembaga survei. Sementara real count hasilnya didasarkan dari perhitungan jumlah seluruh surat suara yang sah 
  • Quick count bisa bersifat prediksi dari perolehan 70 persen suara yang masuk di TPS, sedangkan real count menyajikan hasil suara yang riil 
  • Quick count menyajikan hasil lebih cepat, sedangkan real count membutuhkan waktu lebih lama Hasil quick count tidak dapat digunakan sebagai dasar putusan pemenang pemilu, sementara hasil real count akan digunakan untuk menentukan pemenang pemilu

Nah, ngomong-ngomong pemilu, kemarin market bereaksi positif terhadap hasil dari Pilpres 2024 loh. Apakah ada SimFriend yang mengikuti saham pilihan SimImvest menjelang pemilu? Kalau iya, happy cuan ya. Jangan lewatkan prediksi saham SimInvest setiap hari!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: