Daftar Paspor Terkuat di Dunia, Indonesia Termasuk?

Travelling akhir-akhir ini jadi salah satu hobi idaman netizen. Pasti SimFriend nggak cuma pengen jalan-jalan di dalam negeri kan? Saat kalian ke luar negeri, pasti tetap blusukan mencari hidden gem yang ada di negara tersebut. Mulai dari kuliner, cultural site sampai tempat-tempat ikonik yang pernah jadi lokasi shooting film. 

Saat bepergian ke luar negeri, sudah pasti kalian wajib membawa paspor. Hal esensial yang jadi pengganti identitas kala sedang berada di negeri orang. Terlebih lagi, meskipun sedang wisata atau bepergian ke luar negeri, kalian bisa tetap melakukan trading dan menutup pengeluaran selama di sana dari cuan di SimInvest! 

Tahukah kamu bahwa ada negara-negara yang memiliki kekuatan sakti, sehingga pemegang paspor negara tersebut tidak membutuhkan visa saat berkunjung. Hingga saat ini buat urusan kekuatan paspor, yang pertama di Henley Passport Index masih dipegang oleh Singapura. Warga Singapura yang bisa mengakses 192 negara dari 227 negara tujuan tanpa visa. Negeri Singa ini berhasil menggeser juara bertahan, yaitu Jepang yang sebelumnya memiliki akses destinasi paspor terbanyak selama lima tahun terakhir. Tahun ini, Negeri Sakura tersebut turun ke peringkat ketiga dengan 189 negara tujuan.

Henley Passport Index diterbitkan berdasarkan data dari International Air Transport Association (IATA) dan memeringkat 199 paspor di seluruh dunia. Indeks ini diperbarui secara real time tiap tahun saat ada perubahan kebijakan visa terbaru. Namun kenapa ya singapura bisa menjadi paspor terkuat?

Cristian H Kaelin, Ketua Henley & Partners berpendapat bahwa selama 10 tahun terakhir ini Singapura memang tengah memperjuangkan kebebasan berwisata negaranya. Dan kemudian tujuan ini pun membuahkan hasil karena berhasil menambah 25 destinasi baru yang bisa dikunjungi tanpa visa. Seru banget ya SimFriend! 

For your information, berikut ini top 10 negara dengan paspor terkuat:

  1. Singapura (192 destinasi)
  2. Jerman, Italia, Spanyol (190 destinasi)
  3. Austria, Finlandia, Perancis, Jepang, Luksemburg, Korea Selatan, Swedia (189 destinasi)
  4. Denmark, Irlandia, Belanda, Inggris (188 destinasi)
  5. Belgia, Republik Ceko, Malta, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Swiss (187 destinasi)
  6. Australia, Hongaria, Polandia (186 destinasi)
  7. Kanada, Yunani (185 destinasi)
  8. Lituania, Amerika Serikat (184 destinasi)
  9. Latvia, Slovakia, Slovenia (183 destinasi)
  10. Estonia, Islandia (182 destiansi)

Indonesia sendiri, masih berada di urutan ke-56. Jadi untuk ke beberapa negara di Amerika, Eropa, dll kita masih perlu membuat Visa. Biar mimpi kalian bisa mengunjungi negara-negara yang ada di wishlist, bisa mulai nabung saham dan reksa dana di SimInvest. Apalagi harus bayar Visa, jadi harus tertib merencanakan keuangan ya SimFriend. Happy Travelling!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: