Grab Dan Goto Akan Merger, Apakah Akan Menjadi Isu Kembali?

Grab Dan Goto Akan Merger, Apakah Akan Menjadi Isu Kembali?

SimFriend, kabar ini untuk kamu yang selalu mengikuti tren Goto nih! Pasti sebelumnya kamu sudah pernah mendengar kabar yang mirip, yaitu Goto akan merger dengan Grab. Goto Group dikabarkan kembali menjalin komunikasi dengan Grab Holdings di Singapura, tujuannya tidak lain adalah mendiskusikan rencana merger yang sempat muncul pada tahun 2020 lalu. 

Padahal Goto dan Grab telah bersaing selama bertahun-tahun dengan ketat di pasar Asia Tenggara. Ternyata disebutkan kalau rencana merger ini bisa menutupi kerugian yang terjadi antara kedua perusahaan ini dalam persaingan ketat yang selama ini berlangsung.

Menurut Bloomberg yang dikutip dari Tech In Asia, Minggu (11/2/2024), saat ini Grab dan GoTo sedang dalam diskusi awal mengenai berbagai opsi merger. Salah satu skenario yang mungkin terjadi adalah Grab mengakuisisi GoTo menggunakan uang tunai, saham, ataupun dengan keduanya. 

Setelah kepemimpinan baru yang dipegang oleh Patrick Walujo sebagai CEO pada tahun lalu, mengungkapkan bahwa Goto memang benar semakin terbuka untuk kesempatan merger dengan perusahaan lainnya.

Seperti yang kita ketahui kalau tahun 2020 kemarin, diisukan kalau Goto akan merger dengan Grab, namun pada akhirnya Goto tetap memilih merger dengan e-commerce hijau yang kita kenal dengan Tokopedia dan beberapa waktu lalu Goto membuka jalan kembali TikTok Shop. 

Di sisi lain, Grab juga sedang dikabarkan tengah dalam pembicaraan untuk mengakuisisi platform delivery makanan yaitu Foodpanda. Kalau kesepakatan ini terjadi, maka Grab menjadi pemimpin layanan delivery makanan terdepan di wilayah Asia Tenggara. Namun untuk sekarang, kedua perusahaan dari Grab maupun Gojek belum mau bicara banyak pada isu merger yang sedang hangat ini.

Sinta Setyaningsih, selaku Head of Corporate Communications Goto mengungkapkan kalau pihaknya tidak mau menanggapi rumor yang muncul di pasar, ditegaskan kalau belum ada diskusi yang dilakukan soal isu merger yang bermunculan. “Kami tidak dapat menanggapi rumor di pasar. Saat ini tidak ada diskusi terkait hal tersebut,”

Saham Goto memang belakangan ini sudah naik beberapa persen, namun turun lagi. Setelah berita ini apakah saham Goto naik lagi? Mending SimFriend pantau terus saham incaran kamu di SimInvest ya!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: