Belanja Ke Luar Negeri, No Worries! QRIS Bisa Jadi Jalan Ninja.

Siapa nih di antara SimFriend yang hobi travelling? Gak hanya travelling nih, tapi yang juga hobi shopping ke luar negeri. Sekarang BI (Bank Indonesia) sedang melakukan tahap awal kerjasama dengan beberapa negara tetangga kita yaitu Korea Selatan, Dubai, Jepang dan China untuk menerapkan QRIS antarnegara. Itu berarti kita bisa belanja ke negara-negara tersebut tanpa perlu lagi repot-repot menukarkan mata uang asing ke money changer! Jika kesepakatan tersebut terjadi, berarti wisatawan asing pun bisa berbelanja di Indonesian tanpa perlu menukarkan mata uang asing ke rupiah.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, mengatakan kalau BI (Bank Indonesia) telah melakukan kesepakatan dan tanda tangan MoU dengan Bank Sentral Uni Emirat Arab (UEA) untuk penggunaan QRIS antarnegara ini pada Desember 2023 kemarin. Saat ini sedang menunggu lanjutan dan finalisasi kerjasama. 

Filianingsih dalam konferensi persnya mengatakan “Di Desember lalu kita baru dengan UEA. Jadi teman-teman ga bisa serta merta kita tanda tangan karena kita akan mulai MoU dulu, struktur bilateral cooperation tentang kebanksentralan, terkait moneter makroprudensial, baru MoU turunnya terkait Sistem Pembayaran yang ada QRIS crossborder” Rabu (17/1).

Setelah UEA selanjutnya dengan Korea Selatan, Jepang dan China, tahap awal untuk kerjasama QRIS antarnegara baru dilakukan di tahap pembicaraan awal. Masih ada beberapa proses yang harus dilakukan sampai pada saat pelaksanaannya nanti. “Berikutnya dengan Korsel kita sudah ada pembicaraan. Pak gubernur baru saja bilateral meeting dengan bank sentralnya pihak Korea, dengan China juga sedang mendalami” tambahnya.

Namun, diharapkan saat proses pengaplikasian dengan negara-negara tersebut bisa selesai secepatnya sehingga pelaksanaanya bisa dilakukan di tahun ini juga. Saat ini, belanja dengan mata uang rupiah menggunakan QRIS sudah bisa dilakukan di Thailand, Malaysia, dan Singapura. Perjanjian dengan ketiga negara ini telah dilaksanakan pada 2023 lalu dan berjalan dengan baik.

“QRIS cross border yang sudah kita implementasikan baru saja Singapura, perkembangannya bagus, baik Malaysia, Thailand meningkat terus cross border inbound maupun outbond-nya. Jadi artinya banyak turis Singapura ke Indonesia gunakan QRIS utamanya di Batam dan Bintan, Malaysia juga,” jelasnya. 

Maka dari itu kamu harus banyak menabung ya SimFriend, karena kalau kamu sudah menabung dan investasi di SimInvest, kamu bisa self reward dengan travelling dan shopping di luar negeri! Jadi jangan lupa planning keuangan kamu dengan baik yaa SimFriend!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: