Ayam Goreng Nelongso (BAIK) Akan IPO, Restoran Andalan Kaum Pelajar Semakin Jaya!

Siapa yang gak tahu dengan Ayam Goreng Nelongso? Tempat makan andalan para pelajar ini selain menawarkan harga yang murah untuk satu porsi ayam dengan nasi dan es teh, tempatnya pun sudah ada dimana-mana, terutama di daerah kampus yang merupakan tempat strategis untuk dijangkau oleh para mahasiswa. Yakin deh pasti kamu yang anak rantau pernah kesini, apalagi tanggal tua biasanya ada saja yang mengandalkan Ayam Goreng Nelongso ini untuk bertahan hidup.

Dengan nama PT Bersama Mencapai Puncak Tbk. (BAIK) merencanakan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dengan melepas sebanyak 225 juta saham atau setara dengan 20% dari total modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum perdana saham. 

Harga penawaran ini akan berkisar antara Rp268 sampai Rp278 per saham. Dengan harga tersebut, berarti jumlah penawaran umum berkisar antara Rp60,30 miliar sampai Rp62,55 miliar. Apakah kamu tertarik buat koleksi saham-saham yang baru IPO? 

Bersamaan dengan IPO yang akan dilakukan BAIK, perusahaan juga akan menawarkan 225.000.000 Waran Seri I, itu sama saja dengan dengan 25% dari total jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh. Ditambah, setiap pemegang saham IPO secara cuma-cuma akan menerima satu Waran Seri I sebagai insentif, memberikan hak kepada mereka untuk membeli satu saham tambahan dengan harga Rp400 per waran. 

Waran tersebut dapat dilaksanakan 18 bulan setelah pencatatan di bursa hingga satu hari kerja sebelum ulang tahun kedua pencatatan. Artinya, secara maksimal perseroan akan memperoleh dana fresh sebanyak Rp90 miliar dari penerbitan waran tersebut.

Rencana yang akan dilakukan oleh BAIK setelah terkumpul dana dari IPO setelah dikurangi biaya emisi, akan didistribusikan dengan skema seperti berikut:

  • 3,48% untuk Peningkatan Operasional: Termasuk pembelian mesin dan kendaraan operasional untuk mengoptimalkan proses distribusi produk dan bahan baku.
  • 10,16% untuk Perpanjangan Sewa: Perusahaan berencana memperpanjang sewa untuk 18 outlet yang sudah ada untuk mendukung ekspansi bisnis.
  • 22,54% untuk Renovasi: Termasuk renovasi outlet, gudang, dan kantor, serta implementasi sistem otomatisasi untuk mendukung penyimpanan persediaan bahan baku yang lebih besar.
  • 63,82% untuk Pengeluaran Operasional: Meliputi pembelian bahan baku dan biaya pengembangan produk, pemasaran, dan branding.

Setelah IPO nanti, BAIK yang mempunyai franchise Ayam Goreng Nelongso apakah kamu tertarik untuk memiliki sahamnya? Yang pasti, jangan lupa pantau SimInvest kamu terus ya SimFriend karena kamu bisa dapetin berbagai informasi terkini tentang saham dan reksa dana, serta rekomendasi saham harian yang bisa bikin kamu makin cuan.

Ikuti kami: