2024 Segera Tiba! KSEI Targetkan 15 Juta Investor di Tahun Politik

2024 Segera Tiba! KSEI Targetkan 15 Juta Investor di Tahun Politik

SimFriend, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menginformasikan bahwa pada tahun politik yang akan dilangsungkan pada tahun 2024 mendatang, akan berdampak pada industri pasar modal Indonesia walaupun tidak signifikan. Target investor pasar modal pada tahun 2024 akan tetap tumbuh walaupun berada di tengah gempuran geopolitik global dan pemilu Presiden di Indonesia.

Tentunya hal ini akan dipengaruhi oleh Presiden terpilih, karena dengan adanya pergantian pemerintahan baru, kebijakan Menteri ekonomi akan ditunjuk oleh Presiden yang baru. Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat menyampaikan bahwa pemilu 2024 nanti akan membuat investor melihat dan memantau perkembangan kondisi Indonesia terlebih dahulu,  di bawah siapa Indonesia akan dipimpin serta seperti apa kebijakan menteri ekonominya. 

Meskipun begitu, Samsul menyampaikan bahwa target peningkatan jumlah investor baru setiap tahunnya adalah sebesar 2,5 juta investor. Angka ini sesuai dengan roadmap dan target dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu 20 juta investor di tahun 2027.

Apabila mengacu kepada target tersebut, maka pencapaian jumlah investor pada 2024 mendatang akan meningkat dari 12,3 juta investor menjadi 15,5 juta investor. Samsul juga menambahkan bahwa pada tahun 2023 jumlah investor yang tercatat di KSEI mengalami pertumbuhan sebesar 17,6% sejak Desember 2022 yaitu dari 10,32 juta investor menjadi 12,12 juta investor per November 2023.

Samsul memiliki harapan agar pasar modal Indonesia dapat berkontribusi maksimal bagi perekonomian dalam negeri agar bisa meningkatkan lagi pembiayaan dunia usaha, serta memberikan keuntungan lebih besar bagi para investor.

Dharma Setyadi, Direktur Pengembangan Infrastruktur dan Manajemen Informasi, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa walaupun di tengah gempuran isu politik, pertumbuhan investor di pasar modal diharapkan akan tetap meningkat seiring dengan akses investasi pasar modal yang semakin mudah, disertai dengan infrastruktur yang semakin baik pula.

Wah, keliatannya perekonomian Indonesia di 2024 akan semakin gemilang nih SimFriend! Kalo kamu gimana nih? Udah jadi investor belum? Kalau belum, yuk jangan sampe ketinggalan nih. Langsung mulai investasi saham & reksa dana kamu di SimInvest karena cuan berlimpah menanti kamu. Kalo kamu udah jadi investor, good job! Keep up the good work yah! Ajakin juga temen-temen kamu yang lain buat investasi di SimInvest, karena ada referral program dari SimInvest dimana kamu bisa dapetin saham gratis dan  Starpoin dari setiap temen yang kamu ajak! Cek selengkapnya disini yah!

Ikuti kami: