Belum Kaya di Akhir 2023, Yuk Baca Ini Biar Kaya di 2024

Belum Kaya di Akhir 2023, Yuk Baca Ini Biar Kaya di 2024

Hi SimFriend, lahir dari keluarga yang kaya raya tentu adalah privilege dan menjadi impian semua orang ya. Apalagi buat orang-orang yang hartanya sampai tujuh turunan juga tidak akan habis bahkan sampai sering diberikan julukan sebagai crazy rich. 

Terkadang melihat kehidupan crazy rich memang bikin iri. Bayangkan mereka bisa dengan mudah mendapatkan keamanan finansial yang baik, tinggal di rumah mewah, naik transportasi mewah, gaya hidup dan kehidupan yang mewah, serta keleluasaan dalam berinvestasi. Namun, kalau kamu belum jadi crazy rich, kamu ga perlu sedih yaa SimFriend karena bukan berarti suatu hari nanti kamu gak bisa menikmati hal-hal tersebut.

Masih banyak kok jalan ninja yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial sehingga kamu bebas utang, dan memiliki proteksi. Yang penting kamu harus disiplin, konsisten, berkomitmen dan sabar yah. Seiring dengan berjalannya waktu, aset-aset kamu bisa kok terus bertambah dan berpotensi mendatangkan pendapatan pasif buat kamu. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Nah buat kamu yang belum kaya di akhir 2023, yuk simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk perlahan membangun kekayaan di masa depan dan jadi lebih kaya di 2024:

Kontrol Biaya Hidup

Kontrol biaya hidup kamu dengan bijak, usahakan biaya hidup kamu tidak lebih dari 50% penghasilan kamu. Ingat, hidup hemat bukan berarti kamu tidak bersenang-senang loh! Tapi kamu harus mulai atur prioritas kamu. Pisahkan mana yang merupakan kebutuhan, mana yang merupakan keinginan. Kamu bisa kok tetap bersenang-senang tapi tentu pilih yang sesuai dengan budget kamu yah!

Jangan Kebanyakan Utang

Eits, jangan salah dulu ya SimFriend. Berutang diperbolehkan kok selama utang tersebut adalah utang produktif, misalnya berutang untuk membeli aset yang bisa mendukung keuangan kamu. (contohnya: pinjaman untuk bisnis, pinjaman untuk properti, pinjaman untuk pendidikan, dan lainnya)

Jangan berutang untuk hal-hal konsumtif ataupun yang bukan prioritas karena dengan menghindari utang kamu bisa menyisihkan uang yang lebih banyak untuk berinvestasi. Sedangkan, semakin besar cicilan utangmu, semakin besar pula beban keuangan yang harus ditanggung setiap bulannya, dan inilah yang membuat kamu jadi sulit untuk berinvestasi.

Bangun Financial Security untuk Menjaga Penghasilan Kamu

Penting namun sering dilupakan, jangan lupa untuk mengumpulkan dana darurat! Kumpulkan dana darurat minimal 3-4 kali pengeluaran bulanan kamu. Dan agar penghasilan kamu tetap terjaga, kamu juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan di luar gaji kamu sebagai karyawan. Pastikan juga kamu punya proteksi keuangan seperti asuransi kesehatan. Hal ini juga sangat penting karena biaya medis akan terus mengalami inflasi di masa yang akan datang, dan jangan sampai tabungan yang sudah susah-susah kamu kumpulkan habis karena biaya pengobatan.

Belanja Aset yang Berpotensi Mendatangkan Uang

Last but not least, belilah aset yang bisa mendatangkan uang untuk kamu, baik dengan strategi investasi pasif maupun aktif agar pendapatan kamu terus bertambah, aset terus bertumbuh, dan semakin dekat menuju kemerdekaan finansial.

Ikuti kami: