Pasca Libur Natal, IHSG Menghijau Di Akhir Tahun?

Hi SimFriend, Selamat Hari Natal 2023 bagi SimFriend yang merayakan! Semoga damai sejahtera Natal yang melimpah mengisi hati kita semua. Gimana nih liburan Natal kamu? Semoga selama periode libur panjang Natal, liburan kamu diisi dengan hal-hal yang menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang tercinta ya! 

Nah, ada kabar gembira nih SimFriend! Setelah libur panjang Natal 2023, mayoritas bursa Asia-Pasifik terpantau menguat di awal perdagangan Rabu (27/12/2023) mengekor bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street pada Selasa kemarin. Tentunya ini bisa menjadi angin segar sekaligus kado Natal bagi para investor. Bahkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diharapkan dan diprediksi dapat terus menghijau hingga akhir tahun 2023.

Penguatan IHSG yang signifikan ini tentunya tidak terlepas dari fenomena Santa Claus Rally yang umumnya terjadi di setiap akhir tahun. Apa itu Santa Claus Rally? Santa Claus Rally merupakan sebuah fenomena dimana pasar saham AS akan cenderung ditutup pada zona hijau. Fenomena ini biasanya terjadi pada minggu terakhir bulan Desember hingga dua hari pertama pada tahun yang baru. Artinya, di AS Santa Claus Rally telah dimulai sejak Jumat (22/12/2023) lalu dan akan berakhir pada 3 Januari 2024 yang akan datang.

Fenomena Santa Claus Rally ini tentunya menjadi salah satu hal yang menggembirakan bagi para investor karena mereka memiliki kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan jelang tutup tahun. Terlebih lagi, pada tahun baru biasanya terdapat sebuah fenomena lainnya yaitu January Effect. January Effect merupakan sebuah fenomena awal tahun dimana harga saham di pasar modal cenderung mengalami kenaikan. Inilah yang menyebabkan para investor memborong saham pada akhir tahun khususnya pada periode Santa Claus Rally. 

Santa Claus Rally diyakini menjadi suatu pertanda baik untuk tahun yang akan datang karena apabila kita melihat track record performa pergerakan IHSG di bulan Desember selama 10 tahun terakhir, dikutip dari CNBC Indonesia “sejak Desember 2014 hingga Desember 2023 IHSG selalu bergerak positif, kecuali Desember 2022 dimana IHSG mengalami koreksi sebesar 3,26%.”

So, gimana nih SimFriend? Saham apa yang kamu incar di akhir tahun ini? Mumpung periode Santa Claus Rally masih berlangsung, jangan sampai kamu ketinggalan fenomenanya! Tapi jangan lupa, kamu tetep wajib perhatiin sisi teknikal dan fundamental dari saham yang mau kamu beli yah. Kalau masih bingung, ga perlu khawatir! Langsung aja meluncur ke Stock Recommendation dari Tim Research Sinarmas Sekuritas, dijamin ga bingung lagi! Happy Santa Claus Rally SimFriend! 

Ikuti kami: