BREN Akan Tebar Dividen Interim, Apa Yang Dimaksud dengan Dividen Interim?

BREN Akan Tebar Dividen Interim, Apa Yang Dimaksud dengan Dividen Interim?

PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) berencana membagikan dividen interim sebesar Rp 523,41 miliar. Dividen per saham yang akan dibagikan sebesar Rp3,91 dengan cum date 22 November 2023 dan pembagian dividen pada 8 Desember 2023.

Sebagai informasi, perusahaan milik Prajogo Pangestu ini baru saja melantai di BEI pada 9 Oktober 2023 lalu dengan harga IPO Rp780 per lembar saham. Tercatat, saham BREN telah meroket ke level 5.375 per lembar saham pada penutupan Selasa, (14/11) atau naik sekitar 450% sejak IPO. 

Lantas, apa itu dividen interim? Apa bedanya dengan dividen? Simak penjelasannya di sini!

Dividen 

Dividen adalah pembagian keuntungan dari perusahaan kepada pemegang saham. Jika seorang investor ingin mendapatkan dividen, maka mereka harus memegang saham sebelum cum date dividen agar diakui sebagai pemegang saham. 


Dividen bisa dibagikan kepada pemegang saham setelah ada persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS.  

Dividen Interim

Sementara itu, dividen interim merupakan dividen yang dibagikan dan dibayarkan sebelum RUPS sebuah perusahaan. Biasanya, pembagian dividen interim dilakukan sebelum tutup buku di akhir tahun dengan pembayaran yang dilakukan berkala. Pembayaran ini bisa dilakukan setiap kuartal atau tahunan. Dividen interim diambil dari keuntungan perusahaan yang bersifat sementara. 


Nah, simak juga nih SimFriend beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui terkait dividen!

  1. Bentuk dividen: Biasanya ketika sebuah perusahaan membagikan dividen, terdapat dua bentuk dividen yang bisa dibagikan oleh perusahaan yakni dividen tunai dan dividen saham. Dividen tunai dibagikan dalam bentuk uang tunai, sementara dividen saham dibagikan dalam bentuk penambahan kepemilikan lembar saham
  1. Cum date atau cumulative date: Tanggal terakhir bagi para investor yang ingin membeli saham tertentu sehingga berhak mendapatkan dividen perusahaan pada saat Payment Date. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa investor yang berhak menerima dividen adalah mereka yang telah membeli saham hingga paling lambat pada cum date.
  1. Payment date: Tanggal dimana perusahaan membagikan dividen kepada investornya sesuai dengan porsi saham yang dimiliki oleh tiap-tiap investor. Biasanya payment date adalah 10 hari setelah ex cum dividen.

Tapi SimFriend juga perlu waspada nih terhadap yang namanya Dividen Trap atau jebakan dividen! Dividen Trap merupakan kondisi dimana emiten mengumumkan besaran dividen  yang tinggi untuk menarik minat investor lebih banyak, namun faktanya apa yang mereka tawarkan tidak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya bahkan penawaran besaran dividen yang tinggi tadi diiringi penurunan harga saham yang cukup signifikan sampai dengan cum date sehingga menyebabkan para pemilik saham terjebak dan pada akhirnya merugi.


Nah, aksi korporasi seperti pembagian dividen ini bisa SimFriend temukan di tab ‘Events’ yang berada di halaman depan aplikasi yah! Setelah itu SimFriend bisa pilih tab ‘Dividend’ dan semua emiten yang akan membagikan dividen dalam waktu dekat akan muncul, lengkap dengan cum datenya. Jadi SimFriends gak akan ketinggalan buat kantongin dividen dari emiten-emiten favorit kalian. So, pantau terus aplikasi SimInvest kalian yah!

Ikuti kami: