Nasib Saham Perbankan Setelah Pemilu

Guys, baru-baru ini harga saham di Indonesia banyak yang “kebakaran”. Kenapa yaa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi karena dampak dari naiknya suku bunga di Amerika. Nah, tapi guys tahukah kalian kalau saham-saham diprediksi akan naik lagi setelah pemilu loh? 

J.P. Morgan Indonesia memperkirakan akan ada dua sektor yang akan tampil outperform pada 2024 atau yang lebih tepatnya pada saat Pemilihan Umum (Pemilu).  Executive Director J.P Morgan Indonesia Henry Wibowo menyampaikan bahwa kedua sektor tersebut adalah sektor perbankan dan sektor konsumer. 

Namun, sektor konsumer akan menjadi sektor yang paling diuntungkan saat Pemilu mendatang. “Saya rasa dua sektor ini akan tetap outperform tahun depan, terutama sektor konsumer, karena biasanya tahun Pemilu itu sirkulasi dana akan meningkat, sehingga konsumsi domestik juga ikut naik,” Jakarta, Jumat (27/10/2023). 

Kemudian Henry menambahkan, performa di bagian sektor konsumer staples atau lebih dikenal fast moving consumer goods (FMCG) dan konsumer di bidang discretionary seperti perhotelan, otomotif, onderdil, garmen, hingga supermarket diperkirakan juga akan meningkat pada 2024. 

Dia juga menambahkan bahwa dengan kehadiran Pemilu tahun depan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan mempunyai peluang mencetak return hijau alias positif. Hal tersebut berkaca dari kondisi IHSG pada pemilu tahun-tahun sebelumnya.  “Jadi di tahun pemilu, seperti tahun 2009, 2014, dan 2019 itu IHSG kita berada dalam kondisi positif di local currency term,” pungkasnya

Nah guys, gimana nih setelah denger statement dari J.P Morgan Indonesia? What’s next? Mau langsung serbu saham sektor perbankan dan konsumer? Atau mau tetep wait and see dulu? Jangan galau ya guys! Pantengin terus aplikasi SimInvest kamu dan juga main-main ke SimInvestLab karena akan selalu ada prediksi dan rekomendasi saham harian setiap harinya, apalagi untuk kamu si paling hunter yang gencar mencari cuan! 

Insight Hari ini:

Ikuti kami: