Wah, Harga Minyak Mentah Naik!

Wah, Harga Minyak Mentah Naik!

Hi guys, udah denger belom kalo harga minyak mentah saat ini sedang naik loh! Siapa nih dari kalian yang punya saham di sektor ini? Padahal saat ini masih hangat-hangatnya konflik antara Israel – Palestina, kok bisa ya harga minyak mentah naik? Berdasarkan data Bloomberg, Jumat (20/10/2023), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) kontrak November 2023 menguat 0,96% atau 0,86 poin menjadi US$ 90,23 per barel nya loh pada pukul 13.59 WIB. Kemudian, harga minyak Brent kontrak Desember 2023 juga menguat 0,75% atau 0,69 poin ke US$ 93,07 per barel pada pukul 14.00 WIB. Harga minyak patokan Brent telah naik di atas US$ 93 per barel dan WTI dan mendekati harga US $91. Harga komoditas ini telah terpacu lebih tinggi akibat krisis yang dipicu oleh serangan dari Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023 yang lalu. 

Menurut Vandana Insight, “Selama ketegangan Israel-Hamas masih tinggi, minyak mentah akan tetap rentan terhadap lonjakan lebih lanjut karena adanya tanda-tanda eskalasi,” jelasnya, seperti dikutip dari Bloomberg, pada Jumat (20/10).

Sebagai informasi tambahan, Pentagon menuturkan bahwa Amerika Serikat (AS) melihat peningkatan serangan pesawat tak berawak di Iran dan Suriah. Sementara itu, kapal-kapal perusak AS juga menghalau misil yang ditembakkan ke arah Israel oleh pemberontak Houthi di Yaman. Selain itu, diketahui bahwa Israel diperkirakan juga akan meluncurkan invasi darat ke Gaza setelah mengerahkan pasukan di perbatasan. Konflik ini dikhawatirkan akan meluas ke negara-negara lain, termasuk Iran, dan berpotensi melibatkan AS yang telah meningkatkan kehadiran militer lokalnya secara signifikan.

Namun, harga minyak mentah minggu ini juga didukung oleh berita stok. Meskipun pada data menunjukkan bahwa persediaan komersial di pusat utama di Cushing, Oklahoma, menurun ke level terendah sejak 2014, Departemen Energi AS mengatakan bahwa mereka berencana untuk membeli sebanyak 6 juta barel untuk Strategic Petroleum Reserve (SPR). 

Nah, disini siapa yang punya emiten minyak mentah nih guys? Di SimInvest kalian bisa juga cek emiten yang bergerak di minyak mentah loh! Ada ESSA, MEDC, ENRG dan lain-lainnya juga loh! Gak ketinggalan nih, akan ada rekomendasi saham harian setiap harinya. Siapa tahu saham incaran kamu masuk ke dalam rekomendasi nih, yuk cek SimInvest kamu!

Insight Hari ini:

Ikuti kami: