IHSG Ditutup Merah, Kok Banyak Saham Yang ARA

IHSG Ditutup Merah, Kok Banyak Saham Yang ARA

Guys, pada perdagangan Kamis, 19 Oktober 2023, IHSG (indeks harga saham gabungan) ditutup merah alias ditutup turun pada titik 81,47 poin (1,18%) ke level 6.846,42. Tapi walaupun begitu, banyak saham malah cetak Auto Rejection Atas atau ARA.  Saat IHSG hari ini ditutup merah, banyak saham malah tembus sampai ARA dan berada di urutan teratas dalam top gainers. Saham-saham tersebut adalah:

  • PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG) melesat 34,55% menjadi Rp 74
  • PT PAM Mineral Tbk (NICL) melesat 34,09% menjadi Rp 236
  • PT Asuransi Maximus Graha Persada Tbk (ASMI) meningkat 34% menjadi Rp 67
  • PT Trisula International Tbk (TRIS) melejit 24,55% menjadi Rp 274.  

Sementara itu, ada beberapa saham yang turun cukup banyak pada perdagangan 19 Oktober 2023 ini, seperti:

  • PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) jatuh dan terpangkas sebanyak 21,87%.
  • PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) jatuh 20,96%
  • PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) turun 18,25%
  • PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk (BESS) melemah 12,96%
  • PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) terkikis 11,24%.

Tapi guys, kamu tau nggak kenapa IHSG pada perdagangan hari ini turun? IHSG turun hari ini disebabkan kenaikan imbal hasil (yield) obligasi Amerika Serikat (AS). Selain itu, sentimen negatif imbas dari perang Israel-Hamas masih menyelimuti para pelaku pasar. Sehingga mereka berspekulasi bahwa suku bunga tinggi akan bertahan lebih lama untuk menurunkan inflasi AS sesuai harapan para petingginya. 

Founder WH Project William Hartanto mengatakan, secara teknikal belum ada indikasi baru yang tercermin pada IHSG. Sejauh ini terlihat pergerakan yang cenderung melemah, namun masih dalam tren sideways sepanjang tahun dengan support 6.800. “Belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan. Berdasarkan faktor tersebut, hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed dengan kecenderungan melemah dalam range 6.823 – 7.000,” kata William. 

Jadi gimana nih guys pendapat kalian buat market besok? Pantau terus pergerakan saham unggulan, IHSG dan reksa dana favorit kamu di SimInvest ya. Selain rekomendasi saham harian, SimInvest juga memberikan berita yang paling terkini tentang saham loh! Pantau terus yaa guys!

Ikuti kami: