BREN Resmi Melantai di Bursa, Intip Peluang Emiten Green Energy 

BREN Resmi Melantai di Bursa, Intip Peluang Emiten Green Energy

PT Barito Renewables Energy Tbk (IDX:BREN), salah satu perusahaan energi terbarukan terkemuka di Indonesia, resmi melantai hari ini (Senin, 9 Oktober 2023) di Bursa Efek Indonesia. Hal ini menandai momentum penting dalam perjalanan perusahaan untuk mendukung masa depan energi hijau dan berkelanjutan Indonesia.

Barito Renewables menawarkan 4.015.000.000 saham dengan harga Rp 780 per saham, berhasil mengumpulkan total Rp 3.131.700.000, dengan oversubscription yang luar biasa sebesar 135,2 kali.

Isu perubahan iklim membuat renewable energy memiliki prospek yang cerah bagi pasar modal. Bahkan diprediksi mungkin menjadi salah satu motor penggerak investasi pasar modal Indonesia. Artikel World Economic Forum mengungkapkan bahwa nilai investasi global pada renewable energy mencapai sekitar USD $1 triliun atau Rp15.257 triliun.

Komitmen terhadap renewable energy diperkuat dengan peluncuran Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (26/9) oleh Presiden Jokowi Izin usaha Penyelenggara Bursa Karbon telah diberikan kepada BEI oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Keputusan nomor KEP-77/D.04/2023 pada 18 September 2023 lalu. BREN sendiri sudah mencatatkan penjualan kredit karbon US$3,6 juta atau 0,6% dari total pendapatan selama 2022.

Selain BREN, berbagai emiten juga tengah melakukan diversifikasi usaha untuk masuk ke sektor renewable energy. Antara lain PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang tengah menggarap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Selain itu, juga ada PT Indika Energi Tbk (INDY) yang berkomitmen mencapai net zero emisi pada 2050. Indika Energy mencanangkan pendapatan dari non batubara andil 50 persen pada 2025. Sehingga perseroan melakukan diversifikasi portofolio pada lini bisnis berkelanjutan. Selain itu tentu terdapat PT Pertamina Geothermal Energy Tbk yang sahamnya sudah terbang 69.19% dari harga IPO.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu tertarik mendiversifikasi portofolio kamu ke saham-saham renewable energy? Jangan lupa 3P yaa guys! Pahami dulu saham yang mau kamu beli (kamu bisa pelajarin fact sheet perusahaannya), Punya (beli sahamnya di aplikasi SimInvest) dan Pantau selalu portfolio kamu dan juga daily research di aplikasi SimInvest yaa biar kamu selalu update dengan info-info terkini yaa!

Ikuti kami: