Komoditas energi turun, masih lemahnya permintaan global

“Kondisi ekonomi US dan China yang melemah membatasi permintaan komoditas energi. Penurunan harga minyak mentah secara tidak langsung juga memberikan dampak yang sama pada komoditas energi lain seperti batubara.”

– Ike Widiawati, Head of Research Sinarmas Sekuritas.

Hi Bestie, ada informasi terbaru nih tentang harga minyak mentah global!

Harga minyak turun anjlok 2% ke level terendah satu minggu pada Kamis (11/5/2023). Tertekan kebuntuan politik atas plafon utang Amerika Serikat (AS) memicu kegelisahan resesi di konsumen minyak terbesar dunia. Ditambah lagi, sementara klaim pengangguran AS yang meningkat dan data ekonomi Tiongkok yang lemah membebani. Dikutip dari Reuters, minyak mentah berjangka Brent turun US$ 1,43 (1,9%) menjadi US$ 74,98 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 1,69 (2,3%) menjadi US$ 70,87. Itu adalah penutupan terendah untuk kedua tolok ukur sejak 4 Mei.

Data dolar memperkuat kasus Federal Reserve untuk menghentikan kenaikan suku bunga tetapi tidak mendorong ekspektasi penurunan suku bunga akhir tahun. Greenback yang lebih kuat membuat minyak lebih mahal di negara lain. Suku bunga yang lebih tinggi dapat membebani permintaan minyak dengan meningkatkan biaya pinjaman, menekan pertumbuhan ekonomi.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mendesak Kongres untuk menaikkan batas utang federal sebesar US$ 31,4 triliun dan mencegah gagal bayar yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan memicu penurunan ekonomi global. “Ketidakpastian mengenai plafon utang AS, masalah perbankan baru-baru ini yang dapat mendorong krisis kredit di sebagian besar industri minyak dan kemungkinan kuat berlanjutnya resesi tetap menjadi hambatan signifikan bagi pasar minyak,” kata analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates. dalam sebuah catatan.

Menambah tekanan pada harga minyak, indeks saham Dow dan S&P 500 AS turun setelah kejatuhan terbaru bank PacWest Bancorp yang berbasis di California memicu penurunan di sektor perbankan regional. Presiden Federal Reserve Minneapolis Neel Kashkari menjelaskan, jangka waktu suku bunga tinggi yang diperpanjang dapat memberi lebih banyak tekanan pada bank, tetapi akan diperlukan jika inflasi tetap tinggi. 

Harga produsen AS naik moderat bulan lalu, kenaikan inflasi produsen tahunan terkecil dalam lebih dari dua tahun. Sentimen lainnya adalah  pemerintahan Presiden Joe Biden mengungkap rencana besar-besaran untuk memangkas emisi gas rumah kaca dari industri listrik, salah satu langkah terbesar sejauh ini dalam upayanya mengkarbonisasi ekonomi untuk memerangi perubahan iklim.

Pinjaman bank Tiongkok baru jatuh jauh lebih tajam dari yang diharapkan pada bulan April, menambah kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi pasca-pandemi kehilangan tenaga. “Harga minyak lebih rendah setelah putaran lain data Tiongkok, kali ini metrik uang, mengonfirmasi pembukaan kembali ekonomi mereka dari Covid-19 terus mengecewakan,” kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA.

Pasar minyak sebagian besar mengabaikan perkiraan permintaan minyak global Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada 2023, yang memproyeksikan permintaan di Tiongkok, importir minyak terbesar dunia, akan meningkat. OPEC memproyeksikan permintaan minyak Tiongkok akan naik 800 ribu barrel per hari (bpd), naik dari perkiraan 760 ribu bpd bulan lalu. OPEC mengatakan bahwa peningkatan permintaan Tiongkok dapat diimbangi oleh risiko ekonomi di tempat lain, termasuk pertarungan plafon utang AS.

Di sisi pasokan, Irak telah mengirimkan permintaan resmi ke Turki untuk memulai kembali ekspor minyak melalui pipa yang mengalir dari Wilayah semi-otonom Kurdistan di Irak utara ke pelabuhan Ceyhan di Turki, yang dapat menambah 450 ribu barel per hari ke aliran minyak mentah global.

Ikuti kami: