Indeks ini bikin kamu jago investasi

Poin Penting!

  • IHSG
  • Indeks LQ45
  • IDX HighDiv20
  • Indeks Sektoral

Bagi kamu para kaum milenial yang baru mulai investasi saham, yuk kenali dulu beberapa hal dibawah ini agar investasi saham makin terasa mudah.

  • Indeks Acuan (IHSG)
    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan indeks yang digunakan untuk mengetahui kondisi pasar saham secara keseluruhan. 

    “Jika IHSG bergerak turun,  mayoritas saham di Bursa sedang turun. Sebaliknya Jika Jika IHSG bergerak naik, artinya mayoritas saham di Bursa sedang naik”

    Sebaiknya, jika kamu adalah investor yang sangat pemula bahkan belum pernah melakukan investasi saham, cobalah terlebih dahulu perhatikan pergerakan IHSG dalam rentang waktu 1-3 hari. Cermati pergerakannya dan jika dirasa sudah mulai familiar maka barulah memulai investasi saham. Pastikan bahwa kami membeli saham yang memiliki fundamental baik serta undervalue (masih murah) sehingga saham tersebut layak di investasi.



    Saat ini di Bursa Efek Indonesia telah tercatat sebanyak 833 emiten dan ini akan terus bertambah inline dengan banyaknya saham yang akan melakukan IPO.

    “IHSG merefleksikan pergerakan dari 833 emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia”

    Jumlah Emiten di Bursa Efek Indonesia Sejak tahun 2015


  • Indeks LQ45
    LQ45 adalah indeks yang hanya berisi 45 saham yang memiliki tingkat likuiditas tertinggi dan kapitalisasi pasar terbesar. Review dan penggantian saham dilakukan oleh BEI setiap 6 bulan sekali pada bulan Februari dan Agustus. 

    Setelah mengamati pergerakan IHSG, maka silahkan cek 45 saham yang masuk indeks LQ45. Hal ini bertujuan agar investasi saham kamu bisa berjalan lancar dan terhindar dari “saham nyangkut”.

    Daftar saham yang masuk indeks LQ45 Periode Februari-Juli 2023:


    Source: Bursa Efek Indonesia
  • Bagi kamu yang bertujuan investasi saham untuk waktu yang panjang maka bisa memanfaatkan indeks High Dividen 20. Indeks High Dividen 20 adalah indeks yang memiliki kebiasaan membagikan dividen dengan persentase paling tinggi dan paling menarik.

    “Dividen adalah keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada investor (pemegang saham) dan dibagikan per tahun, hampir menyerupai bunga deposito”

    Dividen dibayarkan kepada pemegang saham pertahun, dimana hal ini hampir sama dengan pembayaran bunga deposito yang juga dibayarkan per tahun. Hanya yang membedakannya adalah besaran nilai yang dibayarkan.

    Bunga deposito nilainya tetap sama setiap tahunnya, namun Dividen memiliki nilai yang terus bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan keuntungan perusahaan.

    Daftar saham yang masuk indeks High DIviden 20, Priode EFektif 03 Februari 2023 s.d. 2 Februari 2024:


    Source: Bursa Efek Indonesia

Ikuti kami: