Cara Menikmati Liburan Sambil Trading Saham

Cara Menikmati Liburan Sambil Trading Saham
Bagikan:

Libur akhir tahun ajaran sekolah maupun kuliah sebentar lagi akan tiba dan inilah saat yang ditunggu-tunggu untuk berlibur bersama keluarga atau teman terdekat. Namun, bagi sebagian orang, berlibur bukan berarti harus sepenuhnya mengabaikan peluang untuk menghasilkan cuan dari trading saham. 

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau “cuan” terlampaui alias gak mau rugi, liburan yang identik dengan menguras isi tabungan bisa tetap dimanfaatkan untuk cari peluang cuan di pasar modal. Apa kamu salah satunya, bestie? 

Jika kamu seorang trader yang ingin tetap aktif selama liburan, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kegiatan trading tetap berjalan tanpa mengganggu momen liburan yang menyenangkan.

Rencanakan dengan Matang

Sebelum memulai liburan, luangkan waktu untuk merencanakan dengan matang. Evaluasilah jadwal dan situasi pasar saat ini, serta tentukan berapa banyak waktu yang bisa kamu alokasikan untuk trading atau investasi selama liburan: satu atau dua jam per hari? Tentunya ini bagian dari perencanaanmu ya, bestie!   

Ingat jadwal perdagangan sesi pertama berlaku mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB, sementara sesi kedua dimulai dari pukul 13.30 sampai 16.00 WIB. Perhatikan jadwal ini agar kamu dapat mengalokasikan waktu yang tepat untuk trading selama liburan kamu. 

Poin ini mengharuskan kamu untuk membuat rencana yang realistis dan sesuaikan dengan kegiatan lainnya selama berlibur, seperti jadwal keluarga, aktivitas rekreasi, dan waktu bersama teman. Dengan mengelola waktu secara efisien, kamu dapat memastikan bahwa liburan dan trading saham dapat berjalan secara harmonis.

Manfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi adalah kunci untuk tetap trading atau berinvestasi saat liburan. Pastikan kamu memiliki akses ke platform trading atau aplikasi investasi melalui perangkat mobile, laptop, atau tablet. Dengan demikian, kamu dapat memantau pasar secara real-time dan mengambil tindakan jika diperlukan, tanpa harus terpaku di depan komputer. Ingat! SimInvest bisa kamu gunakan setiap saat baik melalui mobile apps yang bisa diunduh via appstore atau playstore dan juga bisa digunakan via desktop, lho!

Pilih Strategi yang Lebih Pasif atau Day Trading?

Jika kamu menginginkan trading yang lebih santai selama liburan, pertimbangkan untuk mengadopsi strategi yang lebih pasif. Misalnya, kamu dapat mempertimbangkan investasi jangka panjang, seperti reksa dana atau obligasi, yang memerlukan perhatian yang lebih sedikit dibandingkan dengan trading aktif. Dengan demikian, kamu tetap dapat terlibat dalam pasar, sambil menikmati waktu luang kamu.

Sebaliknya, trading saham punya pendekatan pragmatis dan mengutamakan keuntungan cepat dengan memanfaatkan peluang transaksi jual-beli saham yang muncul, seperti trading saham harian. Pendekatan ini menjadi populer karena potensi keuntungan yang besar dalam waktu singkat, bahkan dalam hitungan menit atau detik.

Untuk pendekatan ini, day trader butuh software dan perangkat yang dapat mendukung aktivitas trading dengan pace yang cepat. Indikator teknikal menjadi pendukung penting, salah satunya adalah program yang bisa mendeteksi support dan resistance secara langsung. Adapun secara teknis pendekatan ini dapat dilakukan dengan scalping, swing, atau rally.

Gunakan Fitur Good Till Cancel (GTC) 

Selama liburan, ketika kamu mungkin tidak dapat memantau pasar secara konstan, penting untuk memanfaatkan fitur Good Till Canceled (GTC). Ini merupakan fasilitas order di mana “settingan” order akan tetap berlaku setiap hari sampai order tersebut berhasil dilaksanakan atau dibatalkan secara manual oleh nasabah. 

Dengan GTC, kamu dapat melakukan transaksi jual beli saham sesuai keinginan dan mengatur harga yang diinginkan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membatalkan order secara manual jika harga saham tidak sesuai dengan harapan.

Baca Fitur Daily Research di SimInvest

Pastikan untuk membaca Daily Research setiap harinya, baik melalui aplikasi SimInvest maupun melalui akun Instagram @sim_invest. Dengan mengikuti riset yang diberikan oleh tim ahli dari Sinarmas Sekuritas, kamu dapat mengoptimalkan rencana investasi atau trading dengan lebih baik. Informasi terkini mengenai saham-saham potensial, tren pasar, dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga saham akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih bijak.

Dalam dunia investasi dan trading, memiliki akses ke riset yang terpercaya dan analisis pasar yang mendalam sangat penting. Dengan menggunakan fitur research yang tersedia di SimInvest, kamu dapat memperoleh informasi terkini serta rekomendasi yang dapat menjadi panduan berharga dalam pengambilan keputusan investasi atau trading kamu.

Tetap Bijak dalam Mengelola Risiko

Meskipun kamu terlibat dalam trading atau investasi selama liburan, jangan lupa untuk tetap bijak dalam mengelola risiko. Jangan terlalu terburu-buru atau mengambil keputusan impulsif hanya karena ada kesempatan pasar yang menarik. Patuhi rencana trading atau investasi kamu, terapkan manajemen risiko yang baik, dan selalu pertimbangkan potensi kerugian yang dapat terjadi.

Jangan Lupakan Kenikmatan Liburan

Hal terpenting yang perlu diingat adalah tetap menikmati liburan bersama keluarga dan teman: jangan biarkan kegiatan trading mengganggu momen berharga ini. Tetapkan waktu yang ditentukan untuk melibatkan diri dalam kegiatan tersebut, dan gunakan sisanya untuk bersantai, menikmati keindahan alam, menjelajahi tempat-tempat baru, dan berinteraksi dengan orang-orang tercinta. Selamat merencanakan liburan, bestie!

Bagikan:
Ikuti Kami:

Related post

Copyright 2023 © All rights Reserved. PT Sinarmas Sekuritas